Cover webtoon All of Us Are Dead (Dok. Naver Webtoon/Joo Dong-geun)

Serial All of Us Are Dead Populer, Naver Catat Peningkatan Pembaca Webtoon Mingguan

09 February 2022   |   22:54 WIB

Serial horor All of Us Are Dead tidak hanya mencetak kepopuleran di platform Netflix sebagai salah satu serial non-bahasa Inggris terpopuler, efek ini kemudian meluas hingga ke webtoon atau komik web berjudul sama yang menjadi referensi adaptasi dari drama garapan Lee Jae-gyu itu.

Laporan Sports Donga pada Rabu (09/02/2022) menunjukkan bahwa webtoon All of Us Are Dead mengalami peningkatan mingguan hingga puluhan kali lebih banyak dibandingkan saat perilisannya lebih dari 10 tahun yang lalu. 

Naver Webtoon selaku penerbit komik web karangan Joo Dong-geun itu telah mengalami peningkatan pembaca sebanyak 80 kali lebih banyak dan peningkatan transaksi hingga 59 kali lebih banyak. Hasil ini dianalisis berdasarkan jumlah rata-rata pembaca webtoon mingguan di berbagai komik setidaknya 2 pekan setelah serial All of Us Are Dead rilis di Netflix. 

Tidak hanya di Korea Selatan, peningkatan ini juga terjadi secara global di layanan WEBTOON, di mana komik All of Us Are Dead telah diterjemahkan ke 10 bahasa termasuk bahasa Inggris, Jepang, Prancis, dan Indonesia. Setelah proses serialisasi pada 2021, komik ini telah mengalami peningkatan pembaca global sebanyak 21 kali lebih besar.

Respons yang hadir dari webtoon maupun serial All of Us Are Dead menunjukkan ke arah positif, di mana beberapa pembaca dan audiens beranggapan bahwa versi komiknya yang asli membuat orang tertarik untuk membaca setelah melihat serialnya serta versi serial dan komiknya sama-sama menarik dan sama-sama menyeramkan.

Webtoon All of Us Are Dead atau dikenal dengan judul alternatif School Attack bercerita tentang para siswa SMA Hyosan yang berjuang hidup dan mati ketika sebuah virus zombie menyebar di sebuah sekolah biasa.

Dengan persebaran yang memakan waktu beberapa jam, para siswa sadar bahwa mereka tidak bisa lari dan terjebak di dalam gedung sekolah penuh dengan guru dan sesama siswa yang sudah terinfeksi.

Awalnya, komik ini merupakan bagian dari ruang kreatif untuk komikus amatir, Challenge Manga (terjemahan literal), yang kemudian dipublikasi secara khusus pada 2009-2011. Saat perilisannya, komik ini kemudian berkembang pesat secara popularitas di daftar peringkat webtoon dan pencarian real-time setiap perilisan episode baru.

Sementara itu, serial All of Us Are Dead kembali mencatat pencapaian popularitas serial TV Korea Selatan dengan masuk ke peringkat pertama serial non-bahasa Inggris di Netflix. Memasuki pekan kedua, All of Us Are Dead kini telah ditonton sebanyak lebih dari 236,23 juta jam di seluruh dunia pada periode 31 Januari-6 Februari 2022.

Komik webtoon All of Us Are Dead bisa dibaca di situs resmi WEBTOON atau layanan Naver Webtoon Global, sedangkan serialnya kini telah tayang di platform Netflix.


Editor: Gita
SEBELUMNYA

Kabar Terbaru T.O.P BIGBANG setelah Hengkang dari YG Entertainment

BERIKUTNYA

ini 6 Kafe Instagrammable Di Bogor yang Cocok Buat Berakhir Pekan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: