Kirsten Dunst dalam film The Power of The Dog (Dok. Netflix)

The Power of The Dog Rajai Nominasi Oscar dengan 12 Kategori

09 February 2022   |   13:49 WIB

Seluruh nominasi dalam ajang Academy Awards ke-94 atau Piala Oscar telah diumumkan, Selasa (8/2/2022). Tahun ini, film The Power of the Dog garapan sutradara Jane Campion merajai daftar dengan 12 nominasi. Film yang disutradarai Jane Campion ini ditayangkan di Netflix.

Keduabelas nominasi tersebut yakni Best Picture, Best Director, Best Lead Actor, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Original Score, Best Sound, Best Film Editing dan Best Production Design.

Film The Power of The Dog akan bersaing dengan dengan Belfast, CODA, Don’t Look Up, Drive My Car, Dune, King Richard, Licorice Pizza, Nightmare Alley dan West Side Story untuk menyabet piala kategori bergengsi Best Picture.

Pencapaian film ini juga menjadikan Jane Campion, selaku sutradara, memecahkan rekor dengan menjadi wanita pertama dalam sejarah Oscar yang dinominasikan sebagai Best Director dua kali. Sebelumnya, dia pernah menerima nominasi pertamanya untuk film The Piano pada 1994.

Dia juga mendapatkan nominasi untuk Best Adapted Screenplay, di mana merupakan satu dari tiga nominasi wanita dalam kategori tersebut bersama Sian Heder (CODA) dan Maggie Gyllenhaal (The Lost Daughter).

Empat aktor yang membintangi The Power of The Dog yang masuk ke dalam nominasi yakni Benedict Cumberbatch untuk Best Lead Actor, Jesse Plemons dan Kodi Smit-McPhee untuk Best Supporting Actor, dan Kirsten Dunst untuk Best Supporting Actress.

Selain itu, sinematografer Ari Wegner juga membuat sejarah sebagai wanita kedua yang dinominasikan dalam kategori Best Cinematography.
 

Dok. Netflix

Dok. Netflix

Diadaptasi dari novel Thomas Savage tahun 1967 dengan judul yang sama, The Power of the Dog berkisah tentang seorang peternak kaya di Montana tahun 1925 bernama Phil Burbank (Benedict Cumbernatch).

Phil dikenal sebagai sosok yang kharismatik, dominan, dan berperilaku kejam. Dia memiliki saudara laki-laki bernama George (Jesse Plemons) yang cenderung sensitif.

Suatu hari, Phil dan George bertemu seorang janda bernama Rose Gordon (Kirsten Dunst) di restoran Red Mill. George kemudian jatuh cinta dengan Rose hingga mereka menikah. Keputusan George menikahi Rose dihina oleh Phil. Phil juga bersikap intimidatif terhadap istri saudaranya tersebut.

Peternak kaya raya yang menikah dengan janda beranak satu menjadi topik pergunjingan kala itu. Hal itu menjadi latar belakang Phil sangat membenci Rose dan anaknya, Peter.

Menyusul film The Power of The Dog dengan nominasi terbanyak, ada Dune dengan 10 nominasi, Belfast dan West Side Story dengan  7 nominasi, King Richard dengan 6 nominasi, serta Don’t Look Up, Nightmare Alley dan Drive My Car dengan masing-masing 4 nominasi.

Seluruh pemenang Piala Oscar akan diumumkan pada upacara penghargaan yang akan dihelat pada 27 Maret 2022 di Hollywood’s Dolby Theatre dan disiarkan secara langsung melalui saluran televisi ABC.
 



Editor: Gita
SEBELUMNYA

Trailer Baru Lightyear Perkenalkan Asal-Usul Buzz

BERIKUTNYA

Paris Hilton Luncurkan Koleksi NFT Past Lives, New Beginnings

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: