Ilustrasi sayuran hijau (Dok. Yaroslav Shuraev/Pexels)

10 Makanan Terbaik untuk Jaga Kesehatan Mata

09 February 2022   |   13:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Wortel


Sayuran satu ini memang terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan mata. Wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten. Zat beta karoten inilah yang memberi warna oranye pada wortel.

Vitamin A yang terkandung di dalam wortel memiliki peran penting dalam kesehatan penglihatan. Ini adalah komponen protein yang disebut rodopsin, yang membantu retina menyerap cahaya.


7. Ubi jalar


Seperti wortel, ubi jalar juga kaya akan beta karoten, termasuk sumber antioksidan vitamin E yang baik.


8. Daging sapi


Daging sapi kaya akan seng, yang bisa membantu menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang yang lebih baik. Seng dapat membantu menunda kehilangan penglihatan terkait usia dan degenerasi makula.

Mata sendiri mengandung seng yang tinggi, terutama pada retina dan jaringan pembuluh darah di sekitar retina. Oleh karena itu, mengonsumsi daging sapi bisa memberikan nutrisi seng pada mata.


9. Telur


Telur adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik, yang dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan terkait usia. Telur juga merupakan sumber vitamin C dan E, dan seng yang baik.


10. Air


Mungkin tidak mengherankan bahwa cairan yang penting untuk kehidupan juga penting untuk kesehatan mata. Minum banyak air dapat mencegah dehidrasi, yang dapat mengurangi gejala mata kering.

Selain mengonsumsi beberapa makanan tersebut, AAO juga memberikan beberapa tips untuk menjaga mata agar tetap sehat di antaranya memakai kacamata hitam di luar ruangan untuk menghindari sinar matahari, berhenti merokok, memakai pelindung mata saat bekerja serta melindungi mata dari ketegangan seperti misalnya akibat layar komputer.


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

Kota di Jepang Ini Siap Wujudkan Hydrogen Society

BERIKUTNYA

Trailer Baru Lightyear Perkenalkan Asal-Usul Buzz

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: