Awkwafina (Dok. Official Instagram)

Awkwafina Hapus Akun Twitter Pasca Kontroversi Blaccent

07 February 2022   |   18:15 WIB

Aktris dan komedian Awkwafina merilis pernyataan di Twitter pada Sabtu (5/2), menanggapi kritikan di pers dan media sosial atas dugaan penggunaan aksen (blaccent) dan gestur kulit hitam sepanjang karirnya. Bintang keturunan Asia-Amerika yang lahir dengan nama Nora Lum di Queens, New York, itu menjelaskan pandangannya tentang dinamika rasial yang berada di sekitarnya.

Pernyataan ini mewakili tanggapannya yang paling signifikan terhadap kritik atas blaccent yang dia gunakan sepanjang karirnya: dari lagu rap parodi My Vag hingga peran aktingnya yang lebih baru dalam film beranggaran besar Crazy Rich Asians dan Ocean's Eight.

Masalah ini secara luas merupakan bagian dari perdebatan yang terus berkembang seputar perampasan budaya (cultural appropriation), atau tindakan mengadopsi kebiasaan dari budaya lain tanpa tingkat penghormatan atau pengakuan yang tepat.
 

Komedian berusia 33 tahun itu meraih kesuksesan pada arus utama dalam beberapa tahun terakhir. Dia memenangkan Golden Globe Award untuk kategori Aktris Terbaik dalam Film berkat penampilannya di The Farewell (2019). 

Dia juga turut berperan di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Namun selama konferensi pers, dia kesulitan menjawab pertanyaan dari Reuters soal isu blaccent.

Pernyataan Awkwafina turut menyampaikan bahwa dia akan meninggalkan Twitter, salah satu media sosial tempat di mana dia menerima kritik terkait penggunaan Bahasa Inggris Vernakular Afrika Amerika (AAVE) dalam musiknya dan beberapa filmnya serta untuk dugaan perampasan budaya.


Editor: Gita
 
SEBELUMNYA

5 Gejala Omicron pada Kulit yang Patut Diwaspadai

BERIKUTNYA

Epik High Bocorkan Daftar Lagu Album Baru, Ini Spekulasi Versi Penggemar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: