Ilustrasi (Sumber gambar: Victoria Borodinova/ Pexels)

Genhype, Lakukan Ini Jika Hand Sanitizer Mengenai Mata

06 February 2022   |   16:18 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sejak awal pandemi COVID-19, hampir semua orang secara drastis meningkatkan penggunaan pembersih tangan atau hand sanitizer. Sayangnya, tidak jarang orang-orang yang memiliki pengalaman tidak menyenangkan ketika cairan pembersih ini masuk ke mata.

Ketika alkohol yang jadi bahan utama hand sanitizer mengenai mata anak-anak maupun orang dewasa, ini akan menyebabkan gejala tidak nyaman seperti perih, kemerahan, berair dan bengkak.

Namun, hal ini bisa segera diatasi dengan menyiram mata menggunakan air matang/air bersih, agar alkohol tidak akan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Jika gejala berlanjut, sebaiknya Genhype menghubungi dokter terdekat untuk tindakan lebih lanjut guna menghindari kerusakan jaringan parut pada mata.

Berikut ini pertolongan pertama yang dapat Genhype lakukan ketika hand sanitizer mengenai mata.
 
  1. Seketika setelah hand sanitizer mengenai mata, hindari menggosok mata dan siram sesegera mungkin dengan air bersih selama 20 menit.

  2. Gunakan pancuran atau keran untuk menyiram mata. Jika ada, bisa menggunakan eye wash station yang digunakan untuk membilas mata apabila mata terpercik bahan kimia berbahaya sebelum dibawa ke dokter.

  3. Jika menggunakan pancuran, arahkan aliran air yang lembut ke dahi di atas mata. Pegang kelopak mata agar terbuka saat air menyiram mata.

  4. Jika menggunakan wastafel, menunduk ke dalam wastafel dan nyalakan keran dengan aliran yang lembut. Miringkan kepala ke samping dan biarkan air mengalir ke mata.



Editor: Gita

SEBELUMNYA

Viral, Korea Selatan Produksi Masker Khusus Hidung

BERIKUTNYA

20 Smartphone Paling Dinantikan pada 2022, Ada Google Pixel Fold!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: