Dok. Astra Life

Biar Cuan, Ini 4 Tips Memulai Investasi pada Tahun Macan Air

05 February 2022   |   04:12 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Awal tahun menjadi momentum yang tepat untuk menyusun resolusi keuangan, salah satunya berinvestasi. Apalagi saat ini, iklim investasi semakin membawa angin segar bagi para investor, sekalipun pada awal kasus Omicron di Indonesia, IHSG sempat melemah.

Meski sempat turun, secara keseluruhan angka IHSG mengalami kenaikan sebesar 10 persen secara year to date (ytd). Indonesia bahkan menempati urutan keempat di kawasan Asia Tenggara, lebih unggul dari Malaysia dan Filipina.

Oleh karena itu, Macquarie Sekuritas memproyeksikan laba emiten (earning per share/EPS) bisa tumbuh di angka 20-25 persen, sehingga diperkirakan target IHSG bisa menyentuh level 7.400 di tahun 2022. 

Nah, bagi kalian yang ingin memulai berinvestasi di tahun Macan Air 2022 ini, ada 4 tips yang bisa diikuti seperti disampaikan oleh Astra Life.


1. Kenali Profil Risiko


Sebelum memulai investasi, ketahui lebih dulu profil risiko pribadi. Profil risiko adalah seberapa besar seseorang bisa menoleransi tingkat risiko dari investasi. Untuk profil risiko sendiri ada tiga jenis yaitu:

a. Konservatif
Tipe ini adalah tipe investor dengan profil risiko yang paling rendah. Investor di tipe ini menginginkan jenis investasi sangat rendah risiko, imbal yang relatif stabil, dan cenderung memiliki ketakutan apabila investasi pokoknya berkurang.

b. Moderat
Investor tipe ini memiliki profil risiko sedang, memiliki tujuan keuangan jangka menengah dan sudah siap dengan imbal hasil fluktuatif, tetapi masih ragu-ragu mengambil risiko.

c. Agresif
Investor dengan tingkat profil risiko agresif sangat siap menghadapi risiko modal berkurang atau bahkan hilang, demi imbal hasil yang sama-sama tinggi.

(Baca juga: Ingin Sukses Investasi Crypto? Tetapkan Tujuan & Gunakan Uang Dingin)


2. Gunakan ‘Uang Dingin’


Uang dingin artinya uang yang dipakai untuk berinvestasi merupakan dana yang sudah disisihkan dari pendapatan sesuai alokasinya. Hindari menggunakan pos-pos dana seperti dana darurat, dana pendidikan atau berutang ke orang lain demi investasi.


3. Cari Tahu Legalitas Lembaga Terkait


Waspadalah terhadap berbagai penawaran menggiurkan yang datang. Agar tidak terjerat investasi bodong, yang diperlukan adalah mengetahui legalitas dari lembaga penyelenggara investasi.

Selain itu, dapat melakukan pengecekan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait status lembaga tersebut. Jika belum terdaftar, sebaiknya jangan menginvestasikan dana di lembaga tersebut.
 

4. Manajemen Risiko


Setiap investasi pasti ada risiko yang mengiringinya. Disarankan untuk tidak mengalokasikan seluruh dana yang dimiliki ke dalam satu jenis investasi. Lakukan diversifikasi untuk meminimalkan risiko yang akan terjadi.

Tidak kalah penting untuk berinvestasi, sebaiknya bisa melindungi diri lebih dulu dengan asuransi, agar mendapatkan perlindungan ekstra baik dari asuransi jiwa ataupun kesehatan. 

Nah, itu dia tadi tips bagi Genhype sebelum berinvestasi supaya bisa tetap cuan di Tahun Macan Air ini.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Potensi Gelombang Ketiga Covid-19, Begini Cara agar Keuangan Tetap Sehat

BERIKUTNYA

Riset hingga Analisis Fundamental, Ini Tips Memilih Aset Kripto untuk Pemula!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: