Ilustrasi mengalami pilek (Dok. Brittany Colette/Unsplash)

Awas! 4 Hal ini Bikin Mudah Tertular Pilek

04 February 2022   |   11:52 WIB

Bukan pemandangan asing lagi jika kita melihat teman kantor yang hari ini sakit pilek, kemudian beberapa harinya ada orang lain yang ikut tertular penyakit yang sama. Hal ini karena pilek yang disebabkan oleh virus mudah menyebar ke orang lain. 

Mengutip Hello Sehat, pilek adalah kondisi terdapatnya lendir atau cairan berlebih di dalam hidung. Orang yang mengalami pilek biasanya akan mengalami gejala seperti hidung tersumbat, menghasilkan lendir lebih banyak dan bersin.

Pilek akan menular sampai semua gejala yang dialami menghilang, sehingga sangat sulit untuk melanjutkan hari tanpa menyebarkan virus flu. Direktur Komersial Enzymatica, produsen ColdZyme, Kristoffer Ahlerup, menjelaskan 4 hal yang bisa menularkan pilek dilansir dari Express UK, Jumat (4/2/2022).
 

1. Berciuman

Pilek diketahui ditularkan melalui kontak langsung satu sama lain dan berciuman adalah hal yang sangat berisiko untuk tertular. Sebuah studi menemukan bahwa ciuman dapat menyebarkan virus dari orang ke orang jika penerimanya rentan.

Ditambah lagi ada kemungkinan bahwa lendir dari air liur atau tetesan hidung akan menularkan virus flu ke orang lain jika terinfeksi. Namun, jika kalian mengalami batuk parah dan lendir pernapasan ada di air liur, kecil kemungkinan pilek akan ditularkan melalui ciuman.
 

2. Berpegangan tangan

Berpegangan tangan dengan orang yang terinfeksi pilek juga rentan tertular. Kemungkinan besar seseorang terkena virus flu karena batuk, bersin dan menularkan kuman dari hidungnya.

Sesuatu yang sederhana seperti berpegangan tangan atau memegang pintu untuk orang lain setelah mereka menyentuhnya dengan tetesan lendir dingin yang terinfeksi mudah dilakukan. Ini berarti kalian dapat menularkan virus flu jika kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata.
 

Ilustrasi (Dok. Gustavo Fring/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Gustavo Fring/Pexels)

(Baca juga: Fakta Menarik tentang Flurona yang Perlu Diketahui)


3. Berbagi makanan dan minuman

Berbagi makanan atau minuman juga adalah hal yang harus diperhatikan jika kalian atau orang yang sedang bersama sedang pilek. Tetesan kecil cairan yang mengandung virus flu bisa jatuh ke makanan dan terhirup saat mengudara jika orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Hal yang sama berlaku untuk minuman. Jika orang lain yang terinfeksi virus flu telah minum dari gelas atau botol, mereka mungkin telah menjatuhkan lendir yang terinfeksi ke dalam air liur mereka ke dalam minuman. Jika kalian meminum minuman mereka setelahnya, ada kemungkinan untuk bertukar air liur dan tertular pilek.
 

4. Berbagi peralatan makan

Jika kalian keluar untuk makan malam atau tinggal bersama seseorang yang sedang pilek, kalian juga bisa tertular melalui berbagi peralatan makan.

Jika sedang pilek dan harus memasak makan malam untuk seseorang atau sebaliknya, pastikan tangan telah dicuci bersih.  Sebab virus flu dapat ditularkan dari berbagi peralatan makan jika kalian tidak mencuci tangan atau terkena tetesan dari virus flu.


Editor: Gita
SEBELUMNYA

GoPro Bakal Perluas Jajaran Kamera Aksinya, Sasar Para Profesional 

BERIKUTNYA

Kenalan dengan Jessica Tanoesoedibjo yang Dilamar Anak Bos Emtek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: