Dok. Unsplash

Hore, Ada Program Bantuan Anyar Nih Buat UMKM

27 January 2022   |   21:27 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Setelah melewati masa pandemi 2 tahun terakhir, kini saatnya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk kembali bangkit dan naik kelas pada 2022 ini. Salah satu untuk mendorongnya melalui program bantuan yang disiapkan pemerintah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno mengatakan bahwa pada awal pandemi, tak sedikit pelaku bisnis yang mengalami kontraksi. Kini memasuki 2022, waktunya untuk konsolidasi dan memasuki tahap recovery atau kebangkitan.

“Masa recovery ini biasanya diikuti dengan peluang-peluang usaha yang terbuka apalagi saat ini penanganan pandemi juga sudah jauh lebih baik,” tuturnya dalam webinar Evapora Talk, Kebangkitan UMKM Indonesia.

Pemerintah menyiapkan berbagai program untuk membantu para pelaku UMKM untuk naik kelas. Sebab, jika UMKM naik kelas maka akan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan dan meningkatkan penghasilan pemerintah yang akhirnya dapat menggerakkan perekonomian nasional.

“UMKM Indonesia ini sebagian besar merupakan para pelaku di sektor industri kreatif. Saat ini terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif dengan yang paling tinggi kontribusinya adalah kuliner, fesyen, dan kriya. Saat ini, Industri Kreatif Nasional ada di posisi 3 besar dunia,” ujar Sandi.

Adapun strategi program pemerintah untuk UMKM naik kelas antara lain Stimulus Bangga Buatan Indonesia dengan nilai hingga Rp15,8 miliar, sosialisasi dan fasilitasi pendaftaran kekayaan intelektual, apresiasi kreasi Indonesia melalui peningkatan kapasitas dan pameran.

Selain itu, ada pula bedah desain kemasan yang membantu pelaku ekonomi kreatif melalui pembuatan identitas visual, redesain kemasan, dan percetakan kemasan, serta bedah gerai kuliner yang membantu merevitalisasi fungsi estetika, display, dan desain gerai kuliner.

“Kami melakukan strategi ini untuk membangkitkan kembali ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan secara lebih luas lagi,” ujarnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Yuk Simak 5 Tips Dekorasi untuk Imlek

BERIKUTNYA

Toxic Parenting, Ketika Orang Tua Jadi 'Racun' bagi Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: