Ilustrasi (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

Karya Lucian Freud "Girl with Closed Eyes" Akan Dilelang

27 January 2022   |   09:17 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Menandai 100 tahun Lucian Freud, balai lelang Christie's akan menawarkan mahakarya sang seniman, yakni Girl with Closed Eyes (1986-1987) untuk yang pertama kalinya. Karya itu telah menjadi koleksi pribadi selama sekitar 35 tahun.

Berbaring di tempat tidur di studio artis Holland Park, pengasuh Janey Longman, terperangkap seolah-olah dalam lamunan. 

Matanya terpejam, bibirnya terbuka, dan kepalanya menoleh dengan tenang ke satu sisi. Rambut hitamnya tumpah ke kasur, dengan impasto tebal dan taktil Freud menggoda setiap helai ke dalam kehidupan yang acak-acakan.

Girl with Closed Eyes adalah salah satu karya terbaru yang termasuk dalam retrospektif tur bersejarah 1987-1988 Lucian Freud: Paintings , yang melakukan perjalanan dari Museum dan Taman Patung Hirshhorn, Washington, DC ke Musée National d'Art Moderne, Paris, Hayward Galeri, London, dan Galeri Nasional Neue Berlin.

Lukisan itu kemudian dimasukkan dalam pameran pada 2005 di Museo Correr, Venesia, yang dikuratori oleh kurator dan kritikus seni Inggris William Feaver. 

Penikmat seni memiliki kesempatan untuk mengalami Girl with Closed Eyes di New York dari 4 hingga 8 Februari, Hong Kong dari 15 hingga 17 Februari, dan London dari 23 Februari hingga 1 Maret 2022.

Katharine Arnold, Kepala Seni Pasca-Perang dan Kontemporer Christie's Europe, menilai penanganan cat yang cekatan membuat setiap detail tubuh pengasuh menjadi fokus yang tajam. 

Pembingkaian lembut dari posenya dalam komposisi tersebut tampaknya mengundang penikmat lebih dekat, menjadi saksi momen kontemplasi ini.

Lukisan itu terpancar dengan keintiman, kasih sayang, dan kesenangan semata yang datang dari dua orang yang menikmati kebersamaan satu sama lain. Potret ini adalah cara wanita mana pun ingin dilukis.

"Setelah tetap berada dalam koleksi yang sama selama 35 tahun, ini akan menjadi kesempatan pertama bagi para kolektor untuk memperoleh mahakarya ini," katanya. 


Editor: Gita
 

SEBELUMNYA

Disney+ Hotstar Indonesia Hadirkan Konten-konten Pilihan WWE Network

BERIKUTNYA

Ayah Bunda, Yuk Ajak Anak Belajar Literasi lewat Aplikasi Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: