Illustrasi kamar anak- Igor Starkov (Unsplash)

Ini Lho Trik Agar Kamar Anak Selalu Bersih & Rapi

03 June 2021   |   11:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, khususnya untuk yang sudah punya buah hati, tentu sangat memperhatikan kamar tidur anak bukan? Kamar tidur anak adalah ruangan yang paling sering berantakan di rumah. Apalagi selama pandemi ini, kegiatan anak mulai dari sekolah, belajar, bermain dan makan dilakukan di dalam kamar.

Alhasil, perlu kerja ekstra untuk selalu membersihkan kamar anak setiap hari. Tetapi, dengan sedikit trik mungkin akan membantu agar kegiatan tersebut tidak terlalu memberatkan. Nah, berikut ini beberapa tips untuk menjaga kamar anak tetap rapi dan bersih.

1. Ajak anak membersihkan kamar
Ajak anak saat membersihkan dan mengatur kamar mereka. Dengan cara ini, mereka akan belajar membersihkan ruangan juga akan menghargai usahanya sehingga menjaganya agar tetap bersih dan tidak berantakan. Ajak mereka untuk mengatur barang-barang yang ada di kamar.

2. Plotting barang-barang anak
Lihat secara keseluruhan kamar anak dan tentukan di mana akan menaruh barang-barang mereka. Tanyakan kepada mereka di mana mereka ingin menyimpan setiap barang mereka di kamar. Ingatkan anak untuk selalu menaruh barang yang selesai digunakan ke tempat semula.

3. Buang barang yang tidak terpakai
Setelah mengatur barang, jangan lupa untuk mengumpulkan barang-barang yang tidak dibutuhkan oleh anak dan membuangnya. Tetapi sebelum membuangnya, mintalah izin pada anak apakah mereka membutuhkan barang tersebut di kemudian hari.

4. Awali dengan membersihkan lantai kamar
Mulailah membersihkan kamar anak dari lantai dan kolong tempat tidur. Biasanya mereka sering menyimpan atau tidak sengaja menjatuhkan barang mereka. Lantai kamar yang bersih akan memudahkan kegiatan selanjutnya.

5. Jadikan kegiatan bersih-bersih seperti permainan
Rutin membersihkan kamar mungkin akan mendatangkan rasa bosan. Jadi mulailah untuk menjadikannya seperti permainan. Beri tantangan pada anak misalnya akan memberikan hadiah setelah membersihkan kamar. Untuk menyelesaikan tugas, hitung sampai 10 agar anak terpacu bergerak cepat.

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Bersepeda vs Berlari, Mana yang Lebih Cocok Buat Bentuk Otot & Bakar Kalori?

BERIKUTNYA

5 Manfaat Bersepeda, Badan Kuat Mental Sehat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: