Ilustrasi orang bersepeda- Munbaik Cycling Clothing (Unsplash)

5 Manfaat Bersepeda, Badan Kuat Mental Sehat

03 June 2021   |   12:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tahu enggak kalau setiap tanggal 3 Juni itu ditetapkan sebagai World Bicycle Day atau Hari Sepeda Sedunia oleh organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Peringatan yang disepakati dalam pertemuan rutin Majelis Umum PBB pada 12 April 2018 tersebut diadopsi oleh 193 negara anggota termasuk Indonesia.

Selain ramah lingkungan, sepeda menjadi sarana transportasi berkelanjutan yang simpel dan terjangkau untuk meningkatkan aktivitas fisik demi mendapatkan tubuh sehat dan bugar.

Bahkan, saat ini tak sedikit orang yang bersepeda untuk pergi ke tempat kerja dengan berbagai alasan salah satunya tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk olahraga.

Nah, berikut ini adalah 5 manfaat utama bersepeda bagi kesehatan tubuh. Simak ya.

1. Tingkatkan kebugaran kardiovaskuler
Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat merekomendasikan agar orang dewasa melakukan 150 hingga 300 menit per minggu aktivitas aerobik intensitas sedang, atau 75 sampai 150 menit aktivitas fisik aerobik intensitas kuat. Bersepeda adalah salah satu cara untuk mendapatkan latihan aerobik (dikenal sebagai cardio) yang membuat jantung dan paru-paru bekerja.

2. Membantu turunkan berat badan
Selain mengatur pola makan yang benar, aktivitas cardio seperti bersepeda juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan lho. Sebuah penelitian pada tahun 2019 menunjukkan bahwa bersepeda jika dibarengi dengan pola makan yang sehat bisa membantu seseorang menurunkan berat badan, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan profil lipid.

3. Kegiatan mudah untuk persendian
Ternyata bersepeda adalah aktivitas yang mudah dilakukan bagi kerja persendian lho Genhype, bahkan lebih mudah daripada berjalan. Besarnya kerja persendian tergantung pada seberapa keras kamu mengayuh pedal sepeda, tetapi bersepeda tidak memberikan gaya tekan seperti berjalan, sehingga bersepeda lebih aman untuk mereka yang mengalami cedera.

4. Melatih keseimbangan
Sebuah studi pada tahun 2013 menemukan bahwa bersepeda dapat meningkatkan keseimbagan dan bahkan membantu mencegah jatuh untuk orang dewasa yang lebih tua. Namun, manfaat tersebut kemungkinan hanya berlaku untuk bersepeda di luar ruangan dan tidak untuk bersepeda stationer dalam ruangan.

5. Menjaga kesehatan mental
Bersepeda sudah terbukti bisa menjadi latihan terbaik untuk mengurangi depresi dan meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan. Sebab, ketika bersepeda, perasaan seseorang bisa menjadi gembira, merasa bebas, ada senyum tawa dan emosi itu akan tersimpan dalam ingatan yang cukup lama.

SEBELUMNYA

Ini Lho Trik Agar Kamar Anak Selalu Bersih & Rapi

BERIKUTNYA

Mantap! EVOS Esports Juarai Kompetisi Gim Dunia, Free Fire World Series 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: