Don Lee dalam film Ashfall (Dok. CJ Entertainment)

Selain Eternals, Ini 5 Film Ikonik yang Pernah Dibintangi Don Lee

17 January 2022   |   21:34 WIB

Aktor Ma Dong-seok atau yang dikenal dengan nama Inggrisnya yaitu Don Lee, kini semakin dikenal dengan perannya di film Eternals yang telah tayang sejak November 2021. Film ini menjadikan dirinya sebagai salah satu aktor baru di Amerika Serikat yang diantisipasi menurut Variety pada 2021.

Meski Eternals adalah film debutnya di Amerika Serikat, Don Lee sendiri telah dikenal sebagai salah satu aktor veteran di Korea Selatan sejak tahun 2000an dengan beberapa peran pendukung. Dikutip dari situs Korean Film Council (KOFIC), dia mendapatkan peran utama pada 2012 melalui film Nameless Gangster: Rules of the Time.

Selain 2 film itu, yuk kenalan dengan beberapa film ikonik dari aktor kelahiran tahun 1971 itu.

 

1. The Neighbors (2012)


Film rilisan tahun 2012 ini bercerita tentang seorang anak perempuan yang ditemukan meninggal di dalam sebuah koper berwarna merah setelah menghilang selama 10 hari. Kematian ini diketahui oleh ibu mendiang dan akhirnya membuat komunitas warga di kompleks apartemen untuk saling mencurigai sesama penghuni sebagi pembunuh anak tersebut.

Ma Dong-seok berperan sebagai Ahn Hyuk-mo yang merupakan mantan penipu dan rentenir yang juga dituduh sebagai orang yang diduga membunuh anak tersebut. Perannya ini membuat dirinya memenangkan penghargaan Aktor Pendukung Terbaik di Penghargaan Seni Baeksang ke-49 serta masuk nominasi di Penghargaan Film Blue Dragon ke-33 dan Penghargaan Film Buil ke-22.
 

2. Train to Busan (2016)


Film yang memiliki keterkaitan dengan animasi Seoul Station ini bercerita tentang seorang manager bernama Seok-woo yang pergi berlibur bersama Soo-an, anaknya, ke Busan untuk menemui istrinya saat hari ulang tahun anak satu-satunya dengan mengendarai kereta KTX dari Stasiun Seoul. 

Akan tetapi, wabah zombie tiba-tiba merebak setelah ada satu orang yang terinfeksi yang masuk ke dalam kereta dan Seok-woo bersama anaknya dan penumpang lain harus bertahan hidup dari risiko tertular menjadi zombie di dalam kereta tersebut.

Ma berperan sebagai Sang-hwa, seorang penumpang yang berasal dari kalangan pekerja dan pergi bersama istrinya, Seong-kyeong, yang tengah hamil. Peran ini juga memenangkan penghargaan di Penghargaan Film KOFRA ke-8 di kategori Aktor Pendukung Terbaik serta masuk dalam nominasi yang sama di beberapa penghargaan seperti Penghargaan Film Blue Dragon ke-37, Penghargaan Film Buil ke-25, dan Penghargaan Seni Baeksang ke-53.
 

3. The Outlaws (2017)


Film aksi ini menjadikan Ma sebagai tokoh utama, di mana dia berperan sebagai detektif Ma Suk-do yang bekerja untuk menginvestigasi kawasan Chinatown di Seoul untuk menjaga keamanan di daerah tersebut meski ada dua geng China-Korea yang berperang untuk mendapatkan kekuasaan di sana.

Diangkat dari kisah nyata tentang Insiden Heuksapa pada 2007 yang membahas tentang 32 orang dari sindikat kriminal China yang ditahan di Korea, film ini juga mengantarkan Ma pada 2 penghargaan, yaitu Golden Egg Awards 2018 dan Festival Film Internasional Korea China 2018 dengan kategori Aktor Terbaik serta 2 nominasi yang sama di Penghargaan Seni Baeksang ke-54 dan Penghargaan Seni & Film Chunsa ke-23.
 

4. The Gangster, The Cop, The Devil (2018)


Beraliran aksi dan kriminal, film ini bercerita tentang Jang Dong-soo, ketua geng di Cheonan yang menjadi target dari pembunuh berantai bernama Kang Kyung-ho dan selamat dari serangannya. Dia kemudian bertemu dengan detektif Jung Tae-seok yang berusaha menangkap pembunuh tersebut dan keduanya bekerja sama untuk menangkapnya.

Ma berperan sebagai ketua geng Jang Dong-soo sekaligus satu-satunya korban yang selamat dari kejaran Kang Kyung-ho dan membantu Jung Tae-seok untuk menangkap Kyung-ho atau yang dikenal dengan inisial K.
 

5. Start-Up (2019)


Film yang diangkat dari Webtoon Shidong karangan Jo Geum-san ini bercerita tentang Taek-il yang kabur dari rumah karena tidak ingin berkuliah dan bertemu dengan juru masak Geo-seok dan petinju Kyung-ju setelah bekerja sebagai kurir untuk restoran makanan China di lingkungan baru. Taek-il kemudian berhadapan dengan berbagai kesulitan saat bekerja.

Ma mendapatkan peran sebagai Geo-seok, seorang juru masak pemilik restoran China tempat Taek-il bekerja. Dia menjadi dekat dengan Taek-il setelah mengetahui bahwa karyawan barunya adalah anak yang kabur dari rumah.


Editor: Gita
SEBELUMNYA

Intip 7 Investasi yang Paling Populer di Indonesia

BERIKUTNYA

Catat, Jangan Tanyakan 4 Hal Ini ke Pacar Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: