Gmail (dok. Unsplash/Solen Feyissa)

Aplikasi Gmail Tembus 10 Miliar Diunduh

12 January 2022   |   11:17 WIB

Layanan perangkat lunak surat elektronik dari Google, yakni Gmail telah menjadi salah satu aplikasi yang mencapai lebih dari 10 miliar pemasangan. Ini merupakan milestone besar yang belum banyak dicapai oleh aplikasi lain. 

Informasi mengenai jumlah unduhan Gmail yang tembus 10 miliar ditemukan pertama kali oleh Android Police. Laporan tersebut menyatakan bahwa Gmail menjadi aplikasi keempat yang mencapai posisi tersebut. 

Tiga aplikasi lain yang sudah terlebih dahulu memiliki lebih dari 10 miliar pemasangan global adalah Google Play, YouTube, dan Google Maps. Semuanya memang merupakan layanan dari Google yang mayoritas telah terpasang di banyak smartphone yang dirilis. 

Android Police menyatakan bahwa aplikasi berikutnya yang bakal mencapai milestone tersebut kemungkinan besar adalah mesin pencari Google yakni Chrome. Sementara itu, aplikasi non-Google yang kemungkinan akan menyusul pertama kali adalah Facebook. 

Adapun, layanan surat elektronik Google yang pertama kali diperkenalkan pada April 2004 hingga kini telah bertransformasi dan hadir dengan banyak fitur-fitur anyar dan bermanfaat untuk keperluan pribadi hingga pekerjaan profesional. 

Baru-baru ini, Google juga merilis fitur baru di mana pengguna bisa membatalkan email yang terkirim dalam kerangka waktu hingga 30 detik. Sebelumnya, secara default hal tersebut hanya bisa dilakukan dalam kurun waktu 5 detik. 

Pembaruan anyar lainnya hadir ke layanan Google Chat di Gmail. Dengan fitur baru, pengguna dapat melakukan panggilan audio dan video dengan aspek rasio 1:1, yang dapat dilakukan di platform Android maupun iOS. 

Selain itu, saat ini pengguna juga akan melihat daftar panggilan tak terjawab dan detail panggilan yang sedang berlangsung dari daftar obrolan yang ada. Jadi, Gmail saat ini sudah menyediakan berbagai fitur untuk komunikasi yang lebih fleksibel. 

[Baca juga: Cara mengatasi ruang penyimpanan Gmail yang cepat penuh


Editor : Gita
SEBELUMNYA

5 Game Indie yang Bakal Rilis Tahun Ini (Bagian 1) 

BERIKUTNYA

Kenalan Sama Surat Berharga Negara Yuk! Ini 6 Jenis SBN yang Patut Diketahui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: