Ilustrasi kopi (Dok. Chevanon Photography/Pexels)

Biar Paham, Ini 10 Istilah dalam Dunia Kopi yang Perlu Kamu Ketahui

12 January 2022   |   05:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Saat sedang berada di kedai kopi, kamu pasti akan dihadapkan dengan sederet menu variasi kopi. Dalam menu tersebut, tak jarang kamu akan menemukan beberapa istilah yang mungkin membuat bingung. Belum lagi ditambah pertanyaan dari barista mengenai pilihan spesifik kopi yang kamu pesan.

Jika dihadapkan kondisi seperti itu, tentu kamu harus mengerti beberapa istilah yang memang telah populer dalam dunia kopi. Kalau tidak, bisa jadi kamu akan memesan kopi yang justru tidak sesuai dengan selera kamu.

Tenang saja Genhpe, berikut Hypeabis.id telah merangkum beberapa istilah dalam dunia kopi yang perlu kamu ketahui supaya enggak bingung lagi.


Acidity


Istilah ini biasanya digunakan untuk menunjukkan tingkat keasaman kopi yang terdiri dari tiga jenis yakni rendah, medium, dan tinggi.


Balance


Istilah yang digunakan untuk menggambarkan tingkat keseimbangan rasa dari kopi seperti tingkat keasaman, kepahitan, dan lainnya.


Blend


Istilah untuk menggambarkan kopi yang terdiri dari dua atau lebih jenis biji kopi yang dicampur menjadi satu.


Aftertaste


Seperti artinya, istilah ini mengacu pada rasa yang tertinggal dalam mulut setelah minum kopi. Misalnya ada rasa lengket atau sedikit tertinggal di tenggorokan. Bisa juga clean alias tidak ada rasa yang tertinggal di tenggorokan.


(Baca juga: 9 Istilah dalam Fashion yang Perlu Genhype Ketahui)
 

Ilustrasi cold brew (Dok. An Nguyen/Unsplash)

Ilustrasi cold brew (Dok. An Nguyen/Unsplash)

House


Istilah ini merupakan singkatan dari house blend atau espresso blend yang ada di kedai kopi. Jadi jika kamu mendengar seseorang  bertanya “house-nya apa?”, itu tandanya dia bertanya tentang kopi spesial dari sebuah kedai kopi yang biasanya cuma kedai kopi itu yang punya. House blend ini umumnya dijadikan minuman espresso blend.


Body


Body adalah tekstur kekentalan kopi. Misalnya teksturnya seperti susu, teh atau air mineral. Kopi dengan body ringan biasanya memiliki karakter mudah ditelan layaknya minum air mineral.


Cold brew


Salah satu proses seduh kopi dengan metode perendaman, di mana kopi dengan gilingan medium direndam dengan air biasa minimal 8 jam. Proses ekstraksi ini sama sekali tidak melibatkan suhu panas, sehingga menghasilkan minuman dengan karakter yang unik.


(Baca juga: Ini Alasan Bisnis Kopi Tetap Menjanjikan)
 

Espresso


Espresso adalah proses mengekstrak biji kopi yang sudah digiling menggunakan air panas berkekuatan tinggi dengan waktu tertentu. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah mesin espresso yang sesuai dengan kebutuhan.


Manual brewing


Proses seduh kopi tanpa menggunakan mesin atau lebih tepatnya dengan cara manual. Oleh karena itu, tangan dari pembuatnya akan berpengaruh besar terhadap kopi yang dihasilkan. Metode seduh manual brewing yang paling populer adalah pour over.


Double


Kata double bisa merujuk pada beberapa hal. Bisa berarti double shot, jenis dua sirup yang dipesan untuk kopi dingin. Selain itu bisa juga digunakan untuk mengatakan double blended atau double susu. Double memiliki banyak arti sesuai dengan pesanan khusus para pelanggan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Balikan sama Mantan

BERIKUTNYA

TREASURE Siap Comeback dengan Album Mini Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: