Ilustrasi orang yang sedang lelah (Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

Gampang Lelah? Ini 10 Penyebab yang Perlu Diwaspadai

11 January 2022   |   22:09 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Merasa lelah adalah hal yang lumrah dirasakan setiap orang setelah sibuk beraktivitas. Energi yang digunakan sepanjang hari untuk bekerja dan mengerjakan tugas tentunya akan berkurang. Namun, tak sedikit juga yang justru merasa lelah sepanjang hari tanpa alasan yang jelas.

Hal tersebut dikenal juga dengan istilah Tired All The Time (TATT). Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi seperti di antaranya kurang tidur dengan masalah kesehatan yang mendasarinya seperti sleep apnea atau narkolepsi.

Tak hanya itu, berikut adalah 10 penyebab kalian bisa merasa lelah sepanjang waktu, seperti dilansir dari Healthline.


1. Diet

Melewatkan waktu makan saat menjalani diet bisa membuat tubuh tidak mendapatkan kalori yang dibutuhkan. Jarak panjang antara waktu makan juga bisa menyebabkan gula darah turun sehingga energi berkurang.
Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi camilan sehat sebagai penambah energi seperti pisang, biskuit gandum utuh, buah kering, dan kacang-kacangan.
 

2. Kekurangan vitamin

Kelelahan sepanjang waktu juga bisa menjadi tanda kekurangan vitamin D, B12. zat besi, magnesium atau kalium.Untuk mendapatkan kebutuhan vitamin yang cukup, kalian bisa mengonsumsi suplemen dengan resep dokter atau mengonsumsi makanan tertentu seperti kerang, daging sapi, dan hati yang dapat mengisi kekurangan vitamin B12 dalam tubuh.
 

3. Kurang tidur

Kurang tidur juga bisa mengurangi tingkat energi tubuh. Usahakan untuk tidur selama tujuh hingga 9 jam setiap malam. Jika Genhype kesulitan menjaga kualitas tidur, cobalah beberapa hal seperti tidur di kamar yang gelap, tenang dan nyaman, dan hindari aktivitas olahraga atau menonton TV sebelum tidur.
 

4. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan kelelahan. Semakin banyak beban yang dibawa, semakin keras tubuh harus bekerja untuk menyelesaikan tugas sehari-hari seperti menaiki tangga atau melakukan aktivitas lainnya di rumah. Oleh karena itu, buatlah rencana untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan energi.
 

Gangguan tidur bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mudah lelah (Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

Gangguan tidur bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mudah lelah (Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


5. Gaya hidup pasif

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak juga bisa membuat kalian merasa lelah dan mudah mengantuk. Menurut sebuah penelitian, wanita yang kurang duduk memiliki tingkat kelelahan yang jauh lebih rendah. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan aktivitas fisik berkontribusi pada lebih banyak energi pada tubuh.
 

6. Stres

Stres kronis dapat menyebabkan sakit kepala, ketegangan otot, masalah perut, dan kelelahan. Saat stres, tubuh masuk ke mode fight-or-flight yang menyebabkan peningkatan kortisol dan adrenalin, yang mempersiapkan tubuh untuk menghadapi situasi seperti itu.

Dalam dosis kecil, respons ini aman. Dalam kasus stres kronis atau berkelanjutan, hal itu akan menguras sumber daya tubuh dan  membuat merasa lelah.
 

7. Depresi

Ketika Genhype merasa tertekan, kekurangan energi dan kelelahan bisa mengikuti. Jangan ragu untuk membicarakan dengan dokter dan diskusikan pilihan pengobatan. Dokter akan meresepkan obat antidepresan atau anti-kecemasan.

Terapi perilaku kognitif adalah jenis perawatan yang membantu memperbaiki pola pikir negatif yang mengarah pada suasana hati negatif dan depresi.
 

8. Gangguan tidur

Gangguan tidur terkadang menjadi penyebab utama kelelahan. Jika tingkat energi tidak membaik setelah beberapa minggu, atau setelah melakukan modifikasi gaya hidup yang tepat, bicarakan dengan dokter. 

Gangguan tidur seperti sleep apnea - kondisi pernapasan berhenti saat tidurdapat menyebabkan kelelahan.  Akibatnya, otak dan tubuh tidak menerima oksigen yang cukup di malam hari. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan di siang hari.
 

9. Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis juga bisa menyebabkan seseorang merasa lelah sepanjang waktu. Kondisi ini menyebabkan kelelahan ekstrim yang tidak bisa diatasi dengan tidur. Penyebabnya tidak diketahui sebab tidak ada tes untuk mengkonfirmasi kelelahan kronis.
 

10. Diabetes

Merasa lelah sepanjang waktu juga bisa menjadi gejala diabetes. Ketika seorang penderita terkena diabetes, tubuh tidak memproduksi cukup insulin. Hal ini dapat menyebabkan gula darah tinggi sehingga  mempengaruhi konsentrasi dan membuat merasa lelah dan mudah tersinggung.

Jika kalian mengalami hal itu, segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Perlu diingat bahwa kelelahan juga bisa menjadi gejala kondisi medis lain seperti penyakit jantung dan kanker.



Editor: Gita

SEBELUMNYA

7 Gawai Inovatif yang Dikenalkan pada Ajang CES 2022 

BERIKUTNYA

Sebanyak 16 Desainer Bakal Hadir di New York Indonesia Fashion Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: