Ilustrasi seseorang sedang berbelanja (Dok. Anna Shvets/Pexels)

Awas, Beberapa Kegiatan Ini Punya Risiko Tinggi Tertular Covid-19

11 January 2022   |   21:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Seiring menurunnya tren kasus infeksi Covid-19, pembatasan sosial pun mulai dilonggarkan. Banyak orang yang sudah mulai beraktivitas di luar rumah secara normal. Meski demikian, kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari kemungkinan terinfeksi virus Covid, apalagi saat berada di luar rumah.

Pasalnya, baru-baru ini, sebuah penelitian oleh Virus Watch Study dari Scientific Advisory Group for Emergencies (SAGE), menemukan tingkat penularan Covid-19 berdasarkan beberapa kegiatan yang rutin dilakukan orang-orang di luar rumah seperti berbelanja, makan di restoran dan menggunakan transportasi umum.

Penelitian yang dilakukan oleh Andrew Hayward dan Susan Hoskins tersebut, menganalisis bagaimana risiko infeksi Covid-19 pada orang dewasa berusia di atas 16 tahun sebanyak 10.000 orang di Inggris dan Wales, dikaitkan dengan berbagai kegiatan di luar rumah selama periode Oktober 2020 - April 2021 serta September-November 2021.

“Infeksi didasarkan pada aliran lateral yang dilaporkan sendiri atau tes PCR/antibodi positif. Jika memungkinkan, kami mengecualikan infeksi yang dianggap diperoleh dari dalam rumah,” mengutip dari laporan studi tersebut, Selasa (11/1/2022).
 

Ilustrasi (Dok. Robert Norton/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Robert Norton/Unsplash)


Menurut studi tersebut, aktivitas paling berisiko tertular Covid-19 di luar rumah adalah berbelanja. Mereka menemukan bahwa kegiatan berbelanja seminggu sekali bisa menimbulkan risiko lebih dari 1,5 persen lebih tinggi untuk tertular virus. Angkanya bisa menjadi dua kali lipat saat berbelanja tanpa menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Aktivitas paling berisiko lainnya adalah olahraga di luar rumah dengan tingkat risiko sebesar 1,36 persen. Namun, para peneliti mengatakan hal ini kemungkinan disebabkan karena aspek sosial bukan dari aktivitas olahraga itu sendiri.

Selain itu, beberapa aktivitas lainnya di tempat umum seperti pergi ke restoran, bar, klub, dan menggunakan transportasi umum juga memiliki risiko tertular sebesar 1,3 persen. Hal itu tercatat dari hasil tes positif Covid yang dilakukan.

Sementara itu, beberapa kegiatan yang tidak berisiko adalah mengunjungi salon kecantikan, termasuk  menghadiri bioskop, teater, atau acara olahraga dalam ruangan.

“Tidak ada bukti yang signifikan tentang peningkatan risiko dari menonton di bioskop, teater, konser atau acara olahraga dalam ruangan, termasuk untuk layanan kecantikan,” tulis studi tersebut.

[Baca juga:Gratis! Begini Metode Pemberian Booster Vaksin Covid-19]


Editor: Gita

SEBELUMNYA

ENHYPEN Melesat di Chart Domestik & Global lewat DIMENSION: ANSWER

BERIKUTNYA

Ada Berapa Volume Air di Atmosfer Bumi? Ini Jawabannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: