Ilustrasi (Photo by Andy Barbour from Pexels)

Begini Cara Belajar Holistik untuk Persiapan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri

11 January 2022   |   20:38 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Di antara tiga jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN merupakan strategi favorit jika dibandingkan dengan SNMPTN atau Ujian Mandiri karena kuotanya lebih besar dan terbuka untuk semua pelajar terlepas dari nilai sekolah.

Karena akreditasinya yang cenderung lebih baik, PTN masih jadi pilihan favorit pelajar menengah ke atas untuk melanjutkan pendidikan. Untuk berhasil diterima di PTN impian bukan hal mudah dan sangat kompetitif. 

Ketatnya persaingan melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sekaligus tingginya harapan banyak pelajar Indonesia untuk berhasil memasuki PTN impian mereka, mendorong Ruangguru untuk menciptakan program holistik untuk persiapan sukses menghadapi UTBK, yaitu #PelatnasUTBK.

VP Marketing Ruangguru Ignatius Untung Surapati menuturkan program #PelatnasUTBK terinspirasi dari atlet nasional Greysia Polii, yang dinilai memahami makna perjuangan menuju keberhasilan sebagai proses panjang yang membutuhkan kesiapan mental dan konsistensi dalam berlatih mengasah kemampuan teknis.
 

Program #PelatnasUTBK. (Dok. Ruangguru)

Program #PelatnasUTBK. (Dok. Ruangguru)


Oleh karena itu, program #PelatnasUTBK terdiri dari dua program yakni:
  • Bagian pertama dari program #PelatnasUTBK adalah program pengasahan kemampuan teknis pelajar dalam mengerjakan soal UTBK
 
  • Bagian kedua program #PelatnasUTBK adalah program kesiapan mental untuk membangun dan menjaga motivasi serta konsistensi belajar alam mempersiapkan diri menuju UTBK melalui serangkaian dukungan holistik.
"Kemampuan intelektual tinggi tidak selalu menjamin seseorang untuk berhasil di dalam bidang yang mereka tekuni, karena kepintaran bukanlah satu-satunya faktor penentu keberhasilan. Kami melihat pola yang serupa dalam UTBK, di mana tingkat intelegensi dan nilai yang mereka miliki bukan satu-satunya faktor lolos UTBK, karena begitu banyak materi pelajaran yang perlu dikuasai dalam waktu yang relatif singkat," ujar Untung dalam webinar.

Meskipun latihan soal merupakan kunci penting keberhasilan, namun menjaga motivasi, disiplin, dan konsistensi dari awal persiapan hingga UTBK justru menjadi tantangan nyata bagi para pelajar.

Ditambah lagi, pelajar cenderung mengalami tekanan yang cukup berat saat persiapan UTBK. Selain kompetisi yang ketat, pelajar juga harus menghadapi soal-soal yang kompleks mencakup materi dari kelas 10-12 serta waktu persiapan yang terbatas, hanya tiga bulan lagi untuk menguasai seluruh materi tersebut.

"Menghadapi tuntutan dan situasi dengan tingkat stres yang relatif tinggi ini dapat menyebabkan turunnya motivasi belajar, sehingga penyerapan informasi pun menjadi tidak optimal karena kelelahan otak," kata Psikolog Anak dan Remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

Maka, dalam persiapan UTBK, penting juga untuk membangun situasi belajar yang menyenangkan dan suportif untuk pelajar. Kondisi emosional yang baik akan membantu pelajar mengatasi tekanan dan belajar dengan lebih efektif, serta mampu menguasai Higher Order of Thinking Skill (HOTS), yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi kemampuan analisis dan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah.

Program #PelatnasUTBK dihadirkan melalui beberapa pilihan paket di dalam aplikasi Ruangguru dengan fitur layanan yang berbeda, yakni #PelatnasUTBK Umum yang tidak berbayar dan #PelatnasUTBK Intensif bagi pelajar yang telah membeli paket ruangbelajar SMA + UTBK 6 bulan atau paket Brain Academy Online Premium SMA + UTBK Intensif Semester Genap.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Jadi Spin Off Film Love for Sale, Arini by Love Inc Segera Tayang di Bioskop Online

BERIKUTNYA

ATEEZ Sukses Gelar Konser Luring Pertama setelah 2 Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: