Peserta Tour of Indonesia 2021 (Dok. Royal Enfield)

Mau Touring Motor di Masa Pandemi? Simak 5 Tips Ini

04 January 2022   |   15:13 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Menggelar touring di tengah pandemi Covid-19 tentu menuntut persiapan dan kehati-hatian ekstra. Selain untuk keamanan dari sisi berkendara, hal ini diperlukan guna mencegah penularan virus corona. 

Standar baru touring pun diciptakan saat pengendara 40 pengendara Royal Enfield menggelar marquee ride bertajuk Tour of Indonesia 2021. Touring motor yang menempuh perjalanan sepanjang 1.500 km selama 5 hari ini dimulai dari Bandung menuju Batukaras, Jawa Barat, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta, Malang, Bondowoso dan finish di Bali pada 20 November 2021. 
 
Berikut tips touring di masa pandemi Covid-19 yang diambil dari pengalaman Tour of Indonesia 2021.
 

1. Memiliki komitmen yang sama

 
Touring dalam group menuntut komitmen untuk saling melindungi, baik saat berada di jalan maupun off the bike. Dalam situasi pandemi Covid-19, mindset saling melindungi sesama rekan touring menjadi lebih penting dari sebelumnya. Komitmen inilah yang akan menjadi panduan para rider dalam bertindak, melindungi diri dari paparan virus Covid-19 yang juga berarti melindungi seluruh rekan dalam perjalanan.
 

2. Menjaga kebugaran tubuh selama perjalanan

 
Kondisi tubuh yang prima adalah perisai terbaik yang melindungi diri dari virus dan penyakit. Saat berada dalam perjalanan jarak jauh, kebugaran tubuh menjadi syarat paling penting. 

Oleh karena itu, riders wajib menjaga kebugaran tubuh. Tidur yang cukup, menjaga asupan makanan, serta disiplin melakukan pemanasan ringan sebelum memulai perjalanan bisa membantu kamu menjaga kebugaran tubuh. 
 

3. Prokes dan batasi interaksi di luar rombongan

 
Protokol kesehatah harus diutamakan. Pengecekan kesehatan dan tes antigen sebelum bergabung bersama peserta touring menjadi keharusan. Setelah semua peserta dipastikan sehat, menjadi tanggung jawab seluruh peserta touring untuk menjaga diri dan rekan perjalanan dengan cara membatasi interaksi dengan orang di luar rombongan.
 

4. Lengkapi diri dengan New Normal Starter Kit

 
Perlengkapan new normal kit seperti alat sanitasi, masker, dan cairan pembersih tangan harus disiapkan dan selalu tersedia sebagai perlindungan pertama bagi diri sendiri.
 

5. Patuh 3M

 
Protokol kesehatan yang mencegah penularan Covid-19 harus tetap dijalankan riders di mana pun berada, termasuk saat melakukan perjalanan. Menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak adalah tindakan pencegahan yang mutlak untuk terus dijalankan. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Woozi SEVENTEEN Deskripsikan Warna Merah dalam Mixtape Ruby

BERIKUTNYA

Kep1er Hadirkan Energi yang Penuh Semangat dalam Album First Impact

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: