Ilustrasi (Dok. Nita Anggraeni Goenawan/Unsplash)

7 Ide Menu Barbeque untuk Merayakan Tahun Baru 2022

30 December 2021   |   10:41 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Untuk merayakan momen pergantian tahun, kegiatan barbeque (BBQ) atau bebakaran menjadi identik bagi banyak orang di Indonesia. Biasanya, mereka akan membuat acara keluarga bersama kerabat dan teman dekat dengan menyajikan menu-menu pilihan.

Seiring waktu, kegiatan BBQ juga menjadi banyak jenisnya seperti BBQ ala Korea yang menggunakan daging slice dengan saus yang beragam. Mengingat besok sudah merupakan hari pengujung tahun 2021, berikut beberapa ide menu BBQ menarik yang bisa kamu coba di malam tahun baru.
 

1. Ayam bakar

Salah satu daging yang paling sering dijadikan menu BBQ adalah ayam. Untuk mendapatkan hasil ayam bakar yang enak, kamu bisa mengungkep ayam terlebih dahulu dengan bumbu kuning halus hingga daging empuk. Jangan lupa juga untuk membuat olesan yang gurih untuk ayam sebelum dibakar. Sebagai pelengkap, kamu bisa menyantapnya dengan sambal terasi, aneka lalapan dan tentunya nasi putih hangat.
 

2. Ikan bakar

Jika kamu bosan dengan menu ayam, kamu juga bisa menjadikan ikan sebagai ide menu BBQ di malam tahun baru. Beberapa ikan yang bisa kamu pilih seperti gurame, nila, mas, dan bawal. Tak seperti membakar daging, kamu hanya perlu waktu sebentar untuk membakar ikan karena tekstur dagingnya yang lembut. Meski begitu, siapkan olesan bumbu kuning yang lezat agar ikan bakar terasa maknyus dan tidak amis. Sebagai pelengkap, kamu bisa membuat saus kecap rawit saat menikmatinya.
 

Ilustrasi (Dok. Denis Agati/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Denis Agati/Unsplash)

3. Sate kambing

Menu olahan sate juga menjadi salah satu yang favorit dalam tradisi BBQ di malam tahun baru. Di momen spesial ini, kamu bisa menyajikan menu sate kambing yang smockey dan lezat. Agar tidak terlalu keras, kamu bisa memotong daging kambing dengan ukuran yang tidak terlalu tebal. Sate kambing paling nikmat dimakan bersama nasi hangat dan kecap rawit yang pedas.
 

4. Sate taichan

Jika kamu ingin makan sate di malam tahun baru tapi tidak ingin repot, kamu bisa memilih menu sate taichan. Untuk membuat menu satu ini, kamu hanya perlu menyiapkan daging ayam yang ditusuk menjadi bentuk sate lalu diberi bumbu marinasi seperti garam dan jeruk nipis kemudian dibakar. Supaya rasanya semakin nikmat, padukan sate taichan dengan sambal korek dengan sedikit kucuran jeruk nipis.
 

Ilustrasi BBQ Korea (Dok. Van Tanh/Unsplash)

Ilustrasi BBQ Korea (Dok. Van Tanh/Unsplash)


 
1
2


SEBELUMNYA

Diet Tak Melulu soal Mengurangi Makan, Simak Penjelasan Ini

BERIKUTNYA

Megah, Arsitektur Masjid Raya Sumatra Barat Terbaik di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: