Ilustrasi lampu utama mobil (dok: Unsplash/Possessed Photography)

Begini Cara Memperbaiki Headlamp Mobil Agar Lebih Terang

29 December 2021   |   20:06 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian pengguna mobil, khususnya mobil yang sudah berumur mungkin kerap mengeluhkan redupnya lampu utama atau headlamp. Salah satu saran yang diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memasang relay lampu diikuti oleh penggantian bohlam.

Sebelum memutuskan untuk memasang relay lampu, tentu saja kalian perlu tahu apa itu relay dan fungsinya.

Relay merupakan salah satu komponen elektrik yang ada pada kendaraan yang berfungsi mengalirkan arus listrik dari saklar utama ke komponen listrik lainnya yang ada pada kendaraan, seperti klakson dan tentunya lampu utama.

Istimewanya adalah relay mampu mengalirkan arus listrik bertegangan besar dengan sistem pengendalian arus listrik kecil.
 

s

Relay lampu utama yang terpasang pada Suzuki Karimun generasi pertama atau Karimun Kotak (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

Dengan menggunakan relay, nyala lampu mobil akan lebih terang. Saklar lampu mobil pun menjadi lebih awet. Ini karena arus listrik utama mobil tidak melalui saklar lampu mobil lagi, tetapi melalui relay lampu mobil. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya untuk perawatan lampu beserta saklarnya karena relay membuat saklar lampu menjadi awet.

Kemudian untuk pemasangannya sebenarnya mudah. Kalian bisa saja melakukannya sendiri di rumah dengan peralatan atau toolkit seadanya.

Kalian hanya perlu mencari relay di toko onderdil ataupun membelinya secara online. Sebab, memang ada banyak macam-macam relay yang saat ini beredar di pasaran. Untuk memasangnya, Anda bisa menyesuaikan dengan tipe relay yang digunakan, yaitu:
 

Set relay lampu

Tipe relay ini sangat memudahkan kalian dalam pemasangannya. Sebab, komponennya sudah terangkai dengan lengkap mulai dari sekring hingga soket lampunya. Kalian tidak perlu repot lagi harus menyusunnya, hanya perlu memasangkannya saja di bagian terminal aki. Harga relay tipe ini biasanya berkisar Rp 100.000 ke atas tergantung pada merek yang digunakan.
 

Relay lampu terpisah

Untuk tipe relay ini, komponennya masih terpisah dan belum terangkai dengan lengkap. Kalian harus menyatukan semua komponennya menjadi satu kesatuan. Tipe ini memang lebih sulit dipasang daripada yang sudah terangkai lengkap. Namun keuntungannya, kalian bisa lebih menghemat biaya karena satu komponen relay bisa dibanderol dengan harga puluhan ribu saja.

Untuk pemasangan relay pada kendaraan, kalian harus menghubungkan relay yang sudah dirangkai dengan sekring terlebih dahulu agar bisa disambungkan pada ground mobil. Selain itu, Anda harus menghubungkan kabel relay dengan saklar agar mobil mempunyai pencahayaan yang terang.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kevin Feige Bocorkan Kembalinya Daredevil Charlie Cox dalam She-Hulk

BERIKUTNYA

Ini Daftar Game Terlaris & Terpopuler 2021 versi Steam 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: