Ilustrasi (Photo by Hello I'm Nik on Unsplash)

Ini 6 Kampanye Brand Terbaik Versi TikTok Indonesia

27 December 2021   |   18:00 WIB

Sepanjang 2021 menjadi tahun yang menarik, di mana kreativitas brand dalam mengomunikasikan produk disambut dengan antusias oleh komunitas TikTok. Konektivitas ini juga terlihat dari tagar #RacuninTikTok yang telah meraih lebih dari 6 miliar views.

Hal ini menunjukkan bahwa konten TikTok merupakan cara baru brand ditemukan oleh komunitas lewat konten rekomendasi belanja. 

Sepanjang tahun 2021, platform ini telah menginspirasi kreativitas bagi komunitas melalui ragam tren dan budaya menarik.

TikTok mencatatkan Lebih dari satu miliar pengguna telah bergabung, termasuk deretan brand untuk saling berbagi kebahagiaan melalui video singkat.

Sejumlah brand juga berhasil menunjukkan sisi otentik, menjangkau audiens secara luas, menciptakan tren terkini bersama komunitas TikTok, dan menciptakan hasil bisnis yang nyata.

Head of Business Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini mengatakan berbagai brand yang hadir di platform ini mengingatkan betapa pentingnya menjadi otentik untuk terhubung dengan komunitas dan berinteraksi bersama audiens.

"Tahun 2021 menjadi tahun di mana TikTok menjadi sebuah launchpad bagi produk dan brand yang disukai oleh komunitas," ujarnya.

Brand tidak hanya berhasil menorehkan pencapaian luar biasa pada tahun ini, namun juga semakin berani untuk menunjukkan sisi kreatif mereka lewat konten di platform tersebut. Berikut ini kumpulan kampanye terbaik dari brand di Indonesia versi TikTok sepanjang tahun 2021.
 

1. Community commerce yang memicu sebuah gerakan 

Tren membagikan video product review atau rekomendasi barang dari komunitas TikTok memberi segudang manfaat bagi para pengguna. Bahkan, tidak jarang review dari kreator bisa ikut mendorong masyarakat untuk memborong produk dari kedai, etalase, hingga toko. Tidak hanya disukai oleh pengguna dan dimanfaatkan oleh brand di TikTok, tren ini memotivasi pengguna untuk berinteraksi dengan brand dan berbelanja lebih lagi pada tahun ini.  

Kolaborasi Tokopedia dan brand lokal Erigo di TikTok menampilkan filter di mana pengguna bisa mencoba jaket buatan dalam negeri dari Erigo untuk melengkapi outfit mereka. Hashtag #TokopediaxErigo ini berhasil mendapatkan lebih dari 5,2 miliar views.
 

2. Produk yang terinspirasi dari komunitas TikTok

Komunitas TikTok yang selalu engaged dengan inspirasi dan kreativitas tanpa batas ikut mendorong brand untuk menghadirkan strategi yang "always engaged" di TikTok. Strategi ini membantu brand untuk selalu menjadi bagian penting dari komunitas TikTok, termasuk dengan mengikuti tren yang hadir secara organik di dalam komunitas.  

Saat meluncurkan varian Avocado Delight, Good Day mengangkat tren popcorn duet untuk mengajak pengguna TikTok lebih 'engage' dengan strategi pemasaran produk terbarunya. Dengan hashtag #GoodDayGoodJam, pengguna bisa berduet dengan penyanyi Afgansyah Reza. Tagar ini berhasil mendapatkan lebih dari 7 miliar views.
 

3. Ekspresikan kreativitas bersama komunitas 

Di TikTok, siapa saja dapat menjadi bagian dari kampanye brand. Dilengkapi dengan rangkaian tools dan solusi di TikTok seperti Duet dan Branded Effects, brand menjadi lebih mudah menginspirasi komunitas untuk berkreasi bersama mereka. Lewat kebersamaan tersebut, tahun ini para brand ini berhasil membuat komunitas merasa lapar dan ingin memesan makanan, mencari outer unik untuk melengkapi outfit mereka, dan tentunya menjadi lebih kreatif. 

Samsung Indonesia memperkenalkan The Sero, televisi yang bisa merotasi layar menjadi vertikal untuk bisa menyaksikan konten-konten yang ada di handphone. Kampanye ini berhasil mendapatkan lebih dari 13,6 miliar views.
 

4. Berinteraksi dengan komunitas lewat obrolan seru 

TikTok memberikan ruang untuk obrolan yang penuh tawa, hangat, tetapi juga paling relevan di jagat maya, tentunya bersama brand yang terlibat di dalamnya. Kali ini, brand tidak hanya terlibat dalam percakapan, namun justru memulai percakapan baru yang menciptakan kegembiraan dan tawa bagi komunitas TikTok. 

Diputar, dijilat, dicelup. Ajakan khas Oreo ini dibawa ke komunitas TikTok dan mereka diajak untuk menebak rasa baru Oreo ini dengan cara yang menyenangkan. Kampanye yang menitikberatkan pada engagement dengan pengguna ini berhasil mendapatkan lebih dari 7.1 miliar views.
 

5. Mewujudkan mimpi menjadi nyata 

Brand menghadirkan lebih dari sekadar produk inspiratif ke platform TikTok. Dengan membagikan tren, cita-cita, dan tujuan dari brand, TikTok menyadari bahwa brand telah memanfaatkan platform ini sebagai media untuk menggalang simpati lewat hubungan yang alami dan otentik dengan pelanggan. Dari kampanye tentang self-love hingga cara untuk wujudkan mimpi jadi nyata, brand berhasil menginspirasi komunitas TikTok dengan menghadirkan diskusi positif di platform. 

Semua bermula dari mimpi, mulai dari rumah impian hingga destinasi liburan. BCA Digital mengajak komunitas TikTok untuk memulai langkah bersama lewat blu. Kampanye ini berhasil mendapatkan lebih dari 7 miliar views.
 

6. Meluncurkan produk dengan mengundang partisipasi komunitas 

Konten buatan pengguna atau user generated content berhasil mengumpulkan pengguna dengan minat yang sama menjadi suatu komunitas. Lewat hashtag challenge, branded effect, serta musik yang ditawarkan di TikTok, brand dapat melakukan kampanye dan meluncurkan produk secara kreatif dengan mengajak komunitas untuk yang menjadi bagian dari tren yang ada dan dirayakan bersama-sama.

Meski tidak bisa bertemu langsung, tapi Cimory bisa mengajak penggunanya seru-seruan bareng lewat pengalaman bikin susu yang cucok di TikTok. Berhasil menjangkau hampir 9 miliar pengguna, kampanye Cimory di TikTok ini dinobatkan sebagai Silver Winner untuk kategori "Best Brand Experience in Rich Mobile Media"  oleh MMA Smarties Awards 2021, salah satu penghargaan bergengsi di bidang pemasaran.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Komedian Moon Se-yoon Sebut Kim Seon-ho saat Terima Daesang dalam KBS Entertainment Awards 2021

BERIKUTNYA

Begini Perjalanan Kopi Kenangan Menyandang Status Unicorn

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: