Anneth, Rizky Febian, BTS, Rossa (Dok. Official Instagram dan Twitter Anneth, Rizky Febian, BTS, Rossa)

BTS hingga Rizky Febian, Ini Deretan Penyanyi Paling Hit di Joox Sepanjang 2021

27 December 2021   |   13:28 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang tutup tahun, Joox membuat ulasan musik di Indonesia dengan merilis deretan artis solo pria dan wanita, serta grup band paling banyak didengarkan sepanjang 2021. Tahun ini, Rizky Febian menduduki posisi nomor satu sebagai artis pria yang lagunya paling banyak didengarkan di Joox.

Pelantun lagu Kesempurnaan Cinta itu juga merupakan satu-satunya artis Indonesia yang konsisten masuk ke dalam daftar Joox Top Chart 100 setiap tahun. Sementara posisi kedua dan ketiga diisi oleh Judika dan Pamungkas.

Dalam daftar artis solo wanita yang paling banyak didengarkan, Joox merilis tiga nama yakni Rossa yang berada di posisi pertama, dan dilanjutkan oleh Happy Asmara di posisi kedua dan Anneth Delliecia di posisi ketiga.

Selain itu, tahun ini, BTS menyabet posisi pertama sebagai artis internasional paling banyak didengarkan di Joox, seiring meningkatnya popularitas musik K-pop di Indonesia. Pada posisi kedua dan ketiga diduduki oleh girlband K-pop BLACKPINK dan Justin Bieber.

Meski telah banyak grup band Indonesia yang bermunculan, nyatanya hal itu tidak bisa mengalahkan pesona beberapa grup band senior yang telah lama populer di industri musik. Hal itu dibuktikan dengan tiga band paling banyak didengarkan di Joox sepanjang 2021 yakni ada UNGU di posisi pertama, lalu NOAH di posisi kedua dan Dewa 19 di posisi ketiga.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JOOX Indonesia (@jooxid)



Tren pendengar musik di Joox selama 2021
Sepanjang 2021, berdasarkan rilis yang diterima Hypeabis.id, Joox menemukan bahwa para pendengar musik sering mendengarkan lagu ketika sedang dalam perjalanan yakni pukul 7 sampai 10 pagi dan 4 sampai 6 sore. Menurut penilaian Joox, hal ini menandakan bahwa kegiatan masyarakat Indonesia sudah mulai kembali normal setelah sekian lama bekerja dan sekolah dari rumah.

Selain itu, durasi rata-rata pengguna Joox dalam mendengarkan lagu juga menjadi lebih lama sebesar 15 persen setiap harinya. Menariknya, kegemaran pendengar akan musik lokal juga cukup besar dengan data yang menunjukkan 4 dari 5 lagu yang paling banyak didengar selama 2021 adalah lagu lokal.

Kelima daftar lagu yang paling banyak didengarkan itu adalah Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti dari Anneth Delliecia di posisi pertama,  dilanjutkan To The Bone dari Pamungkas, Melukis Senja dari Budi Doremi, Here’s Your Perfect dari Jamie Miller, serta Putus Atau Terus dari Judika.

Tak hanya lagu, tahun ini juga fitur Joox Rooms yang baru diluncurkan telah digunakan oleh lebih dari 480.000 kali. Fitur ini juga dimanfaatkan oleh para artis untuk mengenalkan karya merak dengan mengadakan virtual listening party.

Sebagai catatan, acara listening party yang diadakan Anneth pada Agustus 2021 bahkan berhasil mengumpulkan lebih dari 600 orang di saat bersamaan dan mendapatkan lebih dari 6500 view. Ini adalah Rooms artis yang memiliki paling banyak partisipan selama 2021.

Selain itu, ketertarikan pengguna akan konten internasional juga dijawab Joox lewat berbagai kolaborasi dan tayangan langsung. Joox menggandeng produser musik Dipha Barus dan artis pendatang baru Anneth untuk meng-cover dan me-remix lagu terbaru musisi internasional populer Alan Walker, yang berjudul “Believers”.

Ada juga Ed Sheeran yang melakukan konser musik virtual untuk mempromosikan album terbarunya yang berjudul “=” yang ditayangkan langsung secara eksklusif di Joox. Untuk memuaskan para pecinta musik K-Pop, Joox juga secara eksklusif menayangkan berbagai acara musik populer, termasuk 2021 Melon Music Awards (MMA) dan Mnet Asian Music Awards (MAMA), dan program Joox Original K-Pop - Idol Station Season 2.

Head of Marketing Joox Indonesia, Yuanita Agata, mengatakan pihaknya akan terus menghadirkan pengalaman lebih dari musik di tahun 2022 dengan menghadirkan berbagai acara musik dan program hiburan berbeda.

“Kami juga akan memberikan kesempatan kepada komunitas dan para pembuat konten kreatif untuk menemukan berbagai hal baru melalui fitur-fitur interaktifnya,” katanya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tak Hanya di Indonesia, Batik Juga Ada di Afrika

BERIKUTNYA

10 Selebriti Perempuan yang Pernah Bergaya Rambut Buzzcut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: