Mbah Minto (Dok. Ucup Klaten/YouTube)

Selamat Jalan Mbah Minto, Lansia Gaul yang Eksis Berkarya sebagai YouTuber

24 December 2021   |   11:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Mbah Minto, sosok komedian di kanal YouTube Ucup Klaten, meninggal dunia di usia 85 tahun pada Rabu (22/12/2021). Lansia yang viral dengan pesan sosial larangan mudik di tengah Covid-19 pada 2020 itu dikabarkan meninggal setelah menjalani perawatan di rumah sakit selama 10 hari. Lantas, siapa sosok Mbah Minto?
 
Mbah Minto diketahui memiliki nama lengkap Minto Suwito Siyam, seorang nenek berusia 85 tahun yang tinggal di Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Di usia senjanya, Mbah Minto telah memiliki empat orang anak, 16 cucu, dan 4 cicit.
 
Sebelum dikenal publik, Mbah Minto sehari-hari bekerja serabutan seperti menawarkan jasa tukang pijat atau membersihkan taman. Dengan pekerjaannya itu, Mbah Minto kerap menerima bayaran sebesar Rp15.000 hingga Rp20.000.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Simbok Minto (@simbok_minto)



Mbah Minto akhirnya dikenal publik lewat video dirinya dalam konten dagelan gagal mudik menjadi viral di media sosial. Video tersebut digarap bersama Ucup Klaten (31) dan diunggah di YouTube, serta sukses meraup jutaan penonton tak lama sejak ditayangkan.
 
Dalam video tersebut, Mbah Minto berakting natural namun tetap menggelitik sebagai seorang ibu yang melarang anaknya untuk mudik lantaran pandemi. Apalagi, adegan saat Mbah Minto mengucapkan dialog tetap minta ditransfer uang meski anaknya tak bisa mudik semakin menarik video dagelan tersebut.
 
Bahkan, video tersebut sempat digunakan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai kampanye sosial untuk tidak mudik.
 
Setelah video itu viral, Mbah Minto pun semakin getol membuat video-video lucu bersama Ucup Klaten. Dalam video-video tersebut, Mbah Minto tampil sebagai seorang nenek gaul yang mengikuti perkembangan zaman.
 
Tentu hal ini mematahkan stereotip bahwa seorang lansia tak hanya melulu terpaku menatap usia senjanya. Lebih dari itu, mereka juga masih bisa aktif berkarya seperti anak muda dengan kecanggihan teknologi yang ada.
 
Terbukti, sejak saat itu, konten-konten Ucup Klaten bersama Mbah Minto pun selalu ditonton ribuan bahkan hingga jutaan kali oleh penonton di YouTube. Tak hanya itu, Mbah Minto juga memiliki  akun Instagram sendiri dengan nama @simbok_minto sebagai media untuk membagikan konten-konten videonya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Wow, TikTok Salip Google sebagai Domain Paling Populer 2021

BERIKUTNYA

Smartphone Lipat Huawei P50 Pocket Meluncur, Begini Spesifikasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: