Sistem operasi iOS 15.3 (dok: YouTube/Brandon Butch)

iOS 15.3 dan iPadOS 15.3 Versi Percobaan Publik Resmi Meluncur

22 December 2021   |   08:36 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Pembaruan sistem operasi iOS 15.2 dan iPadOS 15.2 belum lama ini diluncurkan. Tetapi, Apple diam-diam ternyata sudah menyiapkan kehadiran pembaruan selanjutnya yang tak lain adalah iOS 15.3 dan iPad0S 15.3. 

Mengutip MacRumors pada Rabu (22/12/2021), Apple diketahui telah memulai uji coba publik untuk iOS 15.3 dan iPadOS 15.3. Sistem operasi tersebut sudah bisa diunduh oleh pengguna khusus yang memenuhi syarat.

Seperti diketahui, terdapat syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh pengguna iPhone maupun iPad untuk ikut mengujicoba sistem operasi terbarunya. Pengguna juga harus siap dengan segala konsekuensi hilangnya pengaturan atau data yang tersimpan dalam perangkat mereka.

iOS 15.3 maupun iPadOS 15.3 kemungkinan tidak akan menghadirkan perubahan yang radikal. Sebab, fokus Apple dalam pembaruan sistem operasi kali ini adalah perbaikan bug. 

Apple kemungkinan besar juga tidak akan menghadirkan fitur baru di iOS 15.3 maupun iPadOS 15.3. Fitur-fitur yang sebelumnya dijanjikan oleh Apple masih dalam tahap pengembangan awal dan baru akan diluncurkan pada pembaruan selanjutnya.  

Adapun, fitur yang dimaksud adalah Universal Control dan pengembangan pemanfaataan aplikasi Wallet dan kartu identitas elektronik. Untuk Universal Control, Apple berjanji akan menghadirkan beberapa Mac atau pun iPad bisa dikontrol bersamaan menggunakan mouse serta keyboard yang sama.

Apple berjanji akan merrilis fitur tersebut paling tidak pada musim semi 2022 dan kemungkinan akan dikeluarkan bersama dengan pembaruan iPad 15.4.

Selanjutnya terkait pemanfaatan kartu identitas digital di dalam aplikasi “Wallet” dijanjikan juga akan mengalami penambahan fitur namun belum diketahui kapan akan diluncurkan. Untuk tahapan awal, kehadirannya direncanakan akan diterapkan di beberapa negara bagian Amerika Serikat (AS) seperti. Arizona, Georgia, Connecticut, Iowa, Kentucky, Maryland, Oklahoma, dan Utah.

Fitur itu dikenalkan pada Juni 2021 secara khusus di AS dalam Apple Worldwide Developers Conference (WWDC).

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pemerintah Andalkan Vaksin Merah Putih Untuk Booster

BERIKUTNYA

Pasien Covid-19 Omicron Bertambah, Prokes Harus Lebih Diperhatikan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: