Prosesor Qualcomm Snapdragon (dok. Qualcomm)

Cip Perkasa Snapdragon 8 Gen 2 Segera Diproduksi?

21 December 2021   |   10:09 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Prosesor seluler (mobile processor) terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 1 baru diperkenalkan sekitar dua pekan yang lalu. Kini telah beredar kabar mengenai generasi lanjutan dari prosesor tersebut. Sebagai informasi, prosesor Snapdragon 8 gen 1 telah menggunakan teknologi fabrikasi 4 nanometer dan arsitektur Armv9 baru.

Saat ini produksinya ditangai oleh Samsung dan akan dilakukan hingga Mei atau Juni tahun depan. Adapun, Gizchina melaporkan bahwa mulai Mei 2022, produksi prosesor seluler premium itu akan menjadi hak prerogatif dari pabrikan TSMC. Penamaannya juga dikabarkan bakal berubah agar tidak menimbulkan kebingungan.

Menurut sumber TSMC, prosesor yang akan diproduksi oleh perusahaan kemungkinan bakal disebut Snapdragon 8 Gen 2 atau Snapdragon 8 Gen 1+. Perlu dicatat bahwa ini masih berupa rumor yang belum dikonfirmasi oleh Qualcomm.

Laporan juga menyatakan bahwa jumlah cip yang diproduksi oleh TSMC akan melebihi jumlah yang akan diproduksi oleh Samsung. Hal ini disebabkan karena teknologi 4nm TSMC lebih matang dan menawarkan peningkatan efisiensi energi.

Adapun sebagai pengingat, Snapdragon 8 Gen 1 yang telah resmi diperkenalkan memakai teknologi cip 4 nanometer, salah satu yang pertama di industri setelah Dimensity 9000 dari MediaTek.

Cip unggulan Qualcomm itu juga menawarkan cip grafis Adreno yang lebih kuat dari pendahulunya, empat kali kekuatan pemrosesan mesin saraf, image signal processor (ISP) 18 bit pertama dengan tiga modul, dan dukungan jaraingan 5G dengan kemampuan mengunduh data hingga 10 Gbps.

Snapdragon 8 Gen 1 juga merupakan prosesor seluler pertama yang menerapkan perubahan penamaan cip dari perusahaan. Sebelumnya, Qualcomm menggunakan penamaan seri tiga angka pada cipnya seperti Snapdragon 888, 870, 720, dan lain sebagainya.

[Baca juga : Begini spesifikasi dan fitur Snapdragon 8 Gen 1]

[Baca juga : Ini smartphone pertama dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1]

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak Sepanjang 2021

BERIKUTNYA

Pengin Tahu Kelistrikan Mobil? Yuk Pahami Kode Sekring Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: