Cip/prosesor Qualcomm Snapdragon (dok. Qualcomm)

Qualcomm Konfirmasi Perubahan Pola Penamaan Prosesornya

24 November 2021   |   09:07 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Raksasa produk semikonduktor Qualcomm resmi mengumumkan beberapa perubahan penting terkait dengan merek cip Snapdragon miliknya, termasuk perubahan pola penamaan prosesor yang akan dipakai di masa mendatang.

Menjelang gelaran tahunannya Snapdragon Tech Summit yang akan digelar pada 30 November 2021, perusahaan melalui postingan blog resminya menyatakan sejumlah informasi penting yang mengonfirmasi sejumlah rumor yang telah beredar sebelumnya. .

Informasi pertama menyangkut merek Snapdragon yang saat ini akan berdiri sebagai brand tersendiri, terpisah dari Qualcomm seperti selama ini dilakukan. Upaya ini telah dimulai sejak awal tahun ketika perusahaan meluncurkan cip Snapdragon 888 Plus tanpa embel-embel Qualcomm.

"Kami telah memisahkan merek Qualcomm dan Snapdragon. Ke depannya, Snapdragon akan menjadi merek produk yang berdiri sendiri dengan ikatan khusus dengan Qualcomm jika ada kebutuhan yang sesuai," tulis perusahaan.

Informasi selanjutnya adalah mengenai perubahan dalam penamaan produk cip seluler yang dikembangkan perusahaan. Hal ini telah menjadi rumor yang beredar luas beberapa waktu belakangan menjelang perilisan Snapdragon terbaru.

Selama bertahun-tahun, Qualcomm telah menamai cipnya dengan tiga digit angka seperti Snapdragon 480, Snapdragon 765, Snapdragon 865, dan seterusnya. Angka pertama menginformasikan seri cip yang digunakan, seperti 8 merujuk pada produk flagship dan 4 mengacu pada seri entry level.

Angka kedua umumnya menunjukkan rilis generasi tahunan seperti Snapdragon 865 dan Snapdragon 875 yang berbeda tahun peluncuran. Sementara angka terakhir biasanya menunjukkan perubahan yang lebih kecil seperti Snapdragon 765G ke Snapdragon 768G.

Namun pada masa mendatang, Qualcomm mengatakan bahwa penamaan itu akan beralih ke seri dan nomor generasi satu digit, yang akan sejajar dengan kategori produk lainnya. Upaya ini akan dilakukan mulai pengumuman cip terbarunya yang akan datang.

Sebetulnya, Qualcomm telah menggunakan skema penamaan tersebut untuk produk prosesor Snapdragon yang dikembangkan bagi perangkat komputer. Misalnya prosesor PC Snapdraon 8cx Gen2 atau Snapdragon 7c Gen2.

Kendati begitu, masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai penamaan resmi dari seri prosesor seluler miliknya. Rumor yang bereda menyatakan bahwa Snapdragon terbaru yang awalnya bernama Snapdragon 898 akan menjadi Snapdragon 8 Gen1.

Adapun, informasi lain yang diumumkan adalah penghilangan unsur 5G dalam penamaan cip. "5G telah ada di mana-mana di portofolio Snapdragon, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk menyebutkan secara khusus," tulis perusahaan.
 


Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Perhatikan 4 Penyebab Sepeda Motor Tiba-Tiba Terbakar

BERIKUTNYA

Ini Daftar Lengkap Nominasi Grammy Awards 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: