Snapdragon 8 Gen 1 (dok. Qualcomm)

Ini Smartphone Pertama dengan Prosesor Snapdragon 8 Gen 1

01 December 2021   |   18:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Produsen semikonduktor Qualcomm mengumumkan kehadiran prosesor seluler andalan terbarunya yang dinamai Snapdragon 8 Gen 1. Perusahaan juga menyatakan cip terbarunya itu sudah siap digunakan oleh merek ponsel China pada akhir tahun ini.

Salah satu produsen smartphone yang bakal memakai cip anyar Snapdragon 8 Gen 1 pada periode awal adalah Xiaomi. Dalam gelaran Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2021, CEO XIaomi Lei Jun mengonfirmasi hal tersebut.

"Xiaomi 12 Series akan menjadi smartphone pertama di dunia yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1 mobile platform," katanya.

Sayangnya, raksasa teknologi asal China itu belum mengungkap rincian tanggal peluncuran smartphone flagship terbarunya. Beberapa laporan menyatakan bahwa Xiaomi akan menggelar acara peluncuran pada pada bulan ini.
GSM Arena sebelumnya melaporkan beberapa poin spesifikasi yang akan dibawa oleh Xiaomi 12 Series, termasuk layar hyperboloid resolusi 2K, resresh rate 120Hz, kamera utama 50MP, dan pengisian daya hingga 120 watt.

Selain Xiaomi, produsen lain yang mengonfirmasi akan menjadi pionir pemakaian cip generasi terbaru Qualcomm adalah perusahaan asal China lainnya yakni Realme, dengan produk premium perdananya Realme GT 2 Pro.

Realme belum lama ini mengumumkan bahwa mereka akan masuk ke pasar ponsel papan atas, untuk bersaing dengan sejumlah vendor eksisting. Sejumlah pemberitaan menyatakan perusahaan akan masuk ke kelas atas dengan produk Realme GT 2 Pro.

Smartphone tersebut diharapkan memiliki pengisian daya hingga 125 watt, RAM 12GB LPDDR5, penyimpanan UFS 3.1 dengan kapasitas 512GB, layar AMOLED 120Hz, hingga kamera utama 50MP dengan sistem stabilisasi optik.

(Baca juga: Realme siap masuk ke pasar smartphone premium)

Selain itu, vendor Motorola juga akan menjadi salah satu yang pertama mengaplikasikan Snapdragon 8 Gen 1 dengan produk anyarnya bernama Moto Edge X30. Perusahaan diketahui akan merilis produk tersebut dalam waktu dekat. 

Laporan Gadget NDTV menyatakan bahwa Moto Edge X30 akan memiliki perlindungan Corning Gorilla Glass di kedua sisinya, tidak hanya di bagian depan. Perangkat juga akan menjadi yang pertama berjalan di MyUI 3.0 berbasis Android.

Motorola diperkirakan bakal meluncurkan smartphone premium terbarunya di pasar global dengan nama Motorola Edge 30 Ultra. Adapun varian lain dikabarkan bakal rilis di China, sebagai produk khusus yang menargetkan pasar ponsel terbesar di dunia.  

Selain Realme, Xiaomi, dan Motorola, Qualcomm juga mengumumkan bahwa perusahaan lain termasuk Black Shark, Honor, iQoo, Nubia, OnePlus, Oppo, Sony, Vivo hingga ZTE sedang menyiapkan ponsel yang ditenagai oleh cip terbarunya.

(Baca juga: Spesifikasi dan keandalan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Penyebab Lampu Rem Sepeda Motor Gampang Putus

BERIKUTNYA

XM Studios Rilis Koleksi Klasik Figurin Godzilla

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: