Ilustrasi water spot pada mobil (dok: Daihatsu Indonesia)

Begini Cara Menghilangkan 'Panu' atau Water Spot pada Bodi Mobil

20 December 2021   |   09:11 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Musim hujan telah tiba, buat kalian pengguna kendaraan bermotor, khususnya mobil waspadai munculnya water spot. Water spot sendiri merujuk pada noda atau 'panu' yang menempel di tubuh mobil akibat hujan ataupun percikan dan cipratan air dari mobil lain ketika di jalan. 

Bentuk dari water spot bervariasi, mulai dari yang ukurannya kecil, sedang, maupun besar. Tentunya, jika fenomena ini terjadi pada kendaraan kalian, nantinya penampilan mobil akan terlihat lusuh dan tak menarik. 

Hal ini akan berdampak negatif terutama bagi kalian yang berniat menjual mobil tersebut pada pembeli. Bisa jadi pembeli mengurungkan niat karena penampilan mobil yang dijual tak terlihat mulus. 

Tak perlu panjang lebar, ini adalah cara yang bisa kalian lakukan untuk ingin menghilangkan water spot pada mobil mengutip Daihatsu Indonesia. 


1. Menghilangkan water spot baru 


Ketika kalian mengajak keluar mobil lalu  terkena percikan air serta tanah, nantinya muncul water spot baru pada tubuhnya. Cara menghilangkan water spot pada bodi mobil yang baru yaitu dengan mengelapnya dengan air dan kain lap biasa. 

Pastikan untuk mengelap water spot tersebut sesegera mungkin sebelum noda tersebut menggumpal dan menjadi kotoran yang sulit dibersihkan. Jangan sampai menunda hingga water spot tersebut berjamur. 

(Baca juga: 6 Cara Membersihkan Dashboard Mobil Agar Kinclong)


2. Menghilangkan water spot menahun 


Berikutnya, kalian harus mengetahui cara menghilangkan water spot pada bodi mobil yang menahun. Jenis water spot yang satu ini relatif susah untuk dihilangkan. Bersihkan water spot menahun pada mobil dengan cara berikut: 

Oleskan compound pada bagian eksternal mobil kalian. Compound adalah pemoles badan mobil yang bersifat abrasif, serta bisa menghilangkan bercak noda pada tubuh kendaraan. 

Lakukan polishing atau perataan permukaan cat mobil dengan lapisan coating bertipe clear coat. Dengan begitu, bercak noda yang muncul pada tubuh mobil bisa dikikis dengan sempurna. 

Berikutnya, pastikan untuk menerapkan langkah waxing pada bagian eksternal mobil kalian yang telah diberi clear coat layer. Tujuan dari langkah ini yaitu menghindarkan kendaraan tersebut dari kondisi permukaan yang terlihat kusam.

Kedua cara di atas bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan water spot pada tubuh mobil secara menyeluruh. Dengan mempraktikkan berbagai langkah di atas, sisi luar dari tubuh mobil kalian bisa lebih bersih dari noda, sehingga nantinya mobil yang kalian miliki benar-benar memiliki permukaan yang halus, mulus, dan kinclong. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Ilmuwan Inggris Sebut Gejala Omicron Sebatas Pilek

BERIKUTNYA

Adele & Ed Sheeran Dapat 4 Nominasi di BRIT Awards 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: