Ilustrasi ban mobil (dok: Unsplash/Benjamin Brunner)

Pakai Semir Ban saat Musim Hujan Berbahaya? Simak Dulu Penjelasan Ini

16 December 2021   |   10:48 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Musim hujan bukan jadi alasan untuk tidak menjaga tampilan eksterior mobil kalian. Walau mobil sering kehujanan namun mobil harus tetap selalu bersih dan berkilau. Termasuk keempat ban karena kalian bisa manfaatkan semir ban untuk membuat keempat karet bundar berkilau.

Namun apakah aman pakai semir ban di musim hujan? Jangan-jangan cairan pengilap ban tersebut dapat mempengaruhi handling. Namun jangan khawatir, selama penggunaannya benar maka tidak akan membahayakan mobil Anda.

Menurut Toyota Auto 2000, pada dasarnya cairan semir ban digunakan untuk sisi dinding atau samping ban. Jika ban yang disemir di sisi samping maka tidak memiliki efek yang berarti pada handling kendaraan.

Pilih juga produk semir ban yang berkualitas bagus. Hal ini agar menyemir ban di musim hujan tidak menjadi hal yang sia-sia. Sebab menyemir ban tidak akan sia-sia, jika selama kualitas semirnya  berkualitas bagus.

Lantas bagaimana tips menyemir ban yang benar? Selain memilih produk semir ban dengan yang mengandung silicone based berkualitas baik, semir harus dilakukan secara merata di sisi ban. Pastikan juga menyemir ban dilakukan dalam kondisi ban sudah bersih atau setelah cuci mobil sekalian.

Saat melakukan penyemiran, pastikan tapak ban mobil tidak terkena cairan semir ban. Jangan aplikasikan cairan tersebut berlebihan agar tidak terbuang secara percuma.

Selama di musim hujan, pastikan tekanan angin keempat ban mobil kalian selalu dalam kondisi ideal. Jika ada ban yang kurang angin maka segera tambah hingga ke tekanan ideal. Termasuk pada ban serep, kondisinya harus selalu baik.

Jika ada ban mobil kalian yang sudah dalam kondisi aus atau gundul maka segera lakukan penggantian. Ban yang telah menipis atau aus tidak bisa mendapat toleransi. Sebab ban erat kaitannya dengan keselamatan mengemudi.

Akan sangat percuma jika sudah mengaplikasikan semir ban dan tampilannya berkilau namun kondisi tapaknya sudah tipis atau aus. Untuk mengetahui kondisi tapak ban mobil sudah aus atau belum sebenarnya sangat mudah. Periksa ketebalan telapak ban dengan memperhatikan Tire Wear Indicator (TWI) yang terdapat di alur telapak ban. 

Jangan tunda ganti ban mobil Toyota Anda ketika permukaan telapak ban sudah sejajar dengan indikator TWI untuk memastikan mobil tidak mudah tergelincir di jalan licin.



Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Habitat Charity Golf 2021 Digelar, Bantu Pembangunan Rumah Layak Huni

BERIKUTNYA

Rekaman Lagu Whitney Houston yang Belum Pernah Rilis Terjual US$1 juta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: