Ruang mesin Suzuki Karimun yang dibersihkan menggunakan asam sitrat atau sitrun (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

Murah, Ini Cara Membersihkan Blok Mesin Mobil Pakai Asam Sitrat atau Sitrun

13 December 2021   |   11:31 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Untuk membersihkan blok mesin biasanya kalian harus pergi ke bengkel atau tempat pencucian. Namun tidak ada salahnya untuk belajar dan mencoba untuk membersihkan blok mesin sendiri di rumah. Apalagi alat-alat yang dibutuhkan relatif terjangkau dan mudah didapatkan. 

Kalian misalnya bisa mencoba membersihkan blok mesin sendiri di rumah dengan menggunakan produk asam sitrat atau sitrun yang dijual dengan harga Rp2.000 per bungkus. Selain sangat mudah Anda juga bisa mengurangi biaya perawatan kendaraan, dengan menggunakan cara ini.

Sitrun atau citric acid merupakan benda yang sangat mudah ditemukan di rumah dan juga toko-toko terdekat. Biasanya sitrun digunakan untuk membersihkan noda membandel yang ada di pakaian. Namun, ternyata senyawa kimia yang satu ini diketahui bisa membersihkan kotoran pada mesin seperti sisa minyak, oli, bahkan juga bisa untuk membersihkan karatan. 

Berikut cara membersihkan blok mesin dengan sitrun yang wajib kalian coba:


1. Siapkan peralatan dan bahan


Tahapan pertama yang harus Anda lakukan pertama untuk membersihkan blok mesin sendiri di rumah adalah menyiapkan peralatan dan bahan. Untuk membuat cairan pembersih Anda hanya membutuhkan sitrun, deterjen, dan air bersih.

Untuk peralatannya siapkan ember, lap kain, sikat, dan kuas. Keempat peralatan ini tentu sangat mudah ditemukan di rumah bukan. Jadi kalian tidak perlu bingung jika ingin mencoba membersihkan blok mesin secara mandiri di rumah.


2. Cara membuat cairan pembersih


Setelah bahan cairan pembersih dan peralatan tersedia lengkap, saatnya Anda mulai membuat cairan pembersih. Berikut rincian mudah bagaimana cara membuat cairan pembersih blok mesin dari sitrun.

Sediakan air pada ember jangan terlalu banyak. Kemudian larutkan sitrun pada air sampai benar-benar menyatu. Jika sitrun sudah larut dalam air tambahkan detergen pada ember, kemudian aduk sampai berbusa.

(Baca juga: 4 Penyebab Aki Mobil Tidak Dapat Menyimpan Setrum)


3. Cara membersihkan blok mesin dengan sitrun


Lalu, Anda bisa langsung menggunakannya untuk membersihkan blok mesin. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu membalurkan cairan pembersih pada seluruh bagian mesin.

Untuk membersihkan blok mesin yang berkarat, Anda bisa membersihkannya dengan cara menyikat bagian tersebut dengan cairan pembersih dari sitrun. Sikat secara perlahan dan merata pada seluruh bagina mesin sampai benar-benar bersih.

Jika kalian menginginkan kendaraan yang bersih dan mengkilap, ulangi cara ini selama beberapa kali. Bersihkan kendaraan dan mesin dengan cairan pembersih sitrun secara rutin minimal satu minggu sekali.


4. Keringkan blok mesin menggunakan kain bersih


Jangan lupa mengeringkan blok mesin dengan kain bersih setelah membersihkannya. Tidak hanya blok mesin, bagian-bagian lain yang juga terkena cairan pembersih buatan kalian itu juga harus ikut dikeringkan.

Sifat sitrun yang asam berpotensi menimbulkan karat apabila dibiarkan atau tidak dibersihkan dengan baik sisa-sisanya yang masih menempel.

Sekarang kalian bisa mencoba untuk membuat cairan pembersih blok mesin dari sitrun. Membersihkan kendaraan dan blok mesin dengan sitrun akan memberi kalian banyak sekali keuntungan.

Salah satunya adalah biaya membersihkan blok mesin yang lebih murah, dan proses pembersihan yang pastinya lebih cepat. Jadi jangan ragu untuk mencoba membuat cairan pembersih blok mesin dari sitrun untuk membersihkan kendaraan kalian sendiri.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Travis Scott Dikeluarkan dari Daftar Penampil Utama Coachella

BERIKUTNYA

Positive Mental Attitude, Kenali Karakteristik & Manfaatnya untuk Kesehatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: