Berbagai macam vitamin (dok. Pexels)

Begini Cara Pilih Vitamin yang Pas Sesuai Kebutuhan Kamu

09 December 2021   |   19:28 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Asupan vitamin sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh pada masa pandemi Covid-19 ini. Namun konsumsi vitamin tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh. 

Biar enggak salah kaprah, berikut rekomendasi Jovee untuk memilih vitamin dan suplemen harian yang sesuai dengan kebutuhanmu:


1. Sering lembur dan kurang tidur

Bagi kamu yang sering lembur dan tidur larut malam, hati-hati ya. Kebiasaan ini dapat membuat tubuhmu rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Selain makan dengan gizi dan nutrisi yang cukup, kamu perlu mengonsumsi vitamin C, D, E, dan A untuk menambah kekuatan dan kekebalan tubuh. 

Baca juga: Awas, Kekurangan Vitamin D Bisa Memicu Autoimun

Sebagai antioksidan yang kuat, vitamin C efektif untuk menetralkan radikal bebas akibat stres oksidatif akibat tidur larut malam. Vitamin A dapat mencegah kekeringan dan kelelahan pada mata. Sementara vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi meski sudah lewat masa pertumbuhan. 

Kendati demikian, kamu juga perlu menyempatkan waktu untuk istirahat sejenak di sela-sela bekerja atau belajar, hindari minum kopi, teh, atau minuman kafein lainnya, dan tentunya rutin berolahraga ya.


2. Cegah flu di musim hujan

Musim hujan telah tiba. Buat kamu yang rentan terkena flu di musim hujan ini, ada beberapa jenis vitamin yang pas buat kamu konsumsi. Mulai dari vitamin A yang membantu tubuhmu untuk mengatur sistem kekebalan tubuh sehingga kuat melawan bibit-bibit penyakit. 

Kamu bisa juga mengonsumsi vitamin C atau E yang sama-sama mengandung antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi untuk membantu tubuh dalam melawan radikal bebas agar tidak merusak sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu menjaga daya tahan tubuh.


3. Atasi lemas, tambah energi 

Rasa lemas dan letih bisa terjadi karena pola makan yang kurang optimal atau sehabis melakukan aktivitas berat. Hal ini bisa kamu atasi dengan mengonsumsi vitamin B12 atau suplemen zat besi. Kedua kandungan ini berfungsi untuk menjaga energimu, salah satunya agar tidak merasa lemas.

Vitamin B12 berfungsi untuk mengubah makanan yang telah dikonsumsi menjadi energi, sedangkan suplemen zat besi dapat membantumu membentuk hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mendistribusikan oksigen yang diproduksi oleh paru-paru ke seluruh badanmu. Terkadang, tubuh lemas bisa juga disebabkan oleh kurangnya kadar oksigen dalam darah loh.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Mau Beli Obat Secara Online? Cek 4 Hal Ini Biar Aman

BERIKUTNYA

Berkenalan dengan Bright Vachirawit & Win Metawin yang Bakal Jadi F4 Versi Thailand

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: