Instagram rilis fitur Take a Break (dok. Instagram)

Dorong Keamanan & Kesehatan Digital, Instagram Rilis Fitur Take a Break

08 December 2021   |   17:59 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Penggunaan media sosial berlebihan merupakan masalah yang masih terjadi hingga sekarang. Oleh karena itulah, jejaring media sosial Instagram telah meluncurkan fitur baru yang dimaksudkan untuk membuat pemakaian aplikasi menjadi lebih aman bagi kelompok pengguna remaja dan dewasa muda.

Laporan Engadget, dikutip Rabu (8/12), menyatakan bahwa platform berbagi foto dan video itu merilis fitur yang dinamai Take a Break. Untuk periode awal, fitur dirilis bagi pengguna di kawasan Amerika Serikat, Inggirs, Kanada, dan Australia

Seperti namanya, fitur tersebut diatur untuk membuat pengguna berhenti sejenak dari menggunakan aplikasi. Selain itu, fitur juga membantu mengatur pengingat untuk mencegah mereka memakai aplikasi secara berlebihan.

(Baca juga: Personel BTS Bikin Instagram Pribadi, V Punya Followers Terbanyak)

Peluncuran fitur ini juga dikonfirmasi oleh Head of Instagram, Adam Mosseri, melalui unggahan di akun Twitter resminya. Dia bahkan mengungkap bahwa platform-nya meluncurkan fitur lain untuk mendorong keamanan dan kesehatan digital pengguna.

Ini termasuk fitur Parental Controls yang memungkinkan orang tua atau wali untuk memantau jumlah waktu yang dihabiskan anak mereka di aplikasi. Orang tua juga bisa menetapkan batasan pemakaian platform Instagram.

Selain itu, ada juga fitur Activity Instagram yang memungkinkan pengguna mengontrol konten yang akan dimunculkan. Melalui fitur ini, pengguna juga bisa menghapus konten secara massal dan menghapus like atau bahkan komentar.

Laporan dari Gadgets Now menyatakan bahwa ada beberapa fitur lain yang dalam tahapan pengujian. Ini termasuk penambahan fitur yang menghentikan orang dewasa untuk mengirim pesan langsung (direct message/DM) kepada remaja yang bukan pengikut mereka.

Instagram juga dilaporkan berencana untuk sepenuhnya menghapus kemampuan untuk menandari remaja yang tidak mengikuti mereka atau untuk memasukkan konten mereka ke dalam Reels.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

3 Brand Fashion Ajak Kreator Lokal Berkolaborasi untuk Koleksi Terbaru

BERIKUTNYA

Yang Paling Banyak Dicari Orang Indonesia di Google Sepanjang 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: