Apartemen (dok. Unsplash)

Ini Jenis Hunian Paling Banyak Dicari lewat Google

08 December 2021   |   11:18 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki tempat tinggal sendiri tentu saja menjadi impian setiap orang. Tapi, untuk memenuhi kebutuhan hunian yang ideal, kita harus jeli mencari dan memilih jenis rumah yang sesuai dengan kebutuhan, agar dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman dan fungsinya bisa dioptimalkan.

Nah, kali ini Hypeabis.id mau membagikan informasi seputar jenis hunian di Indonesia berdasarkan volume pencarian di Google seperti dikutip dari hasil survei Pinhome. Berikut laporan survei properti berdasarkan jenis dan bentuknya.
 

1.    Apartemen. 

Apartemen menjadi jenis properti pertama yang berada di urutan paling atas. Hunian yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah ini mempunyai volume pencarian di Google sebanyak 56.000. 
 

2.    Ruko.

Ruko atau Rumah toko pun pada dasarnya banyak terbangun di penjuru Indonesia. Bangunan yang bisa dijadikan sebagai tempat usaha sekaligus tempat tinggal ini memiliki volume pencarian terbanyak kedua yaitu 19.000.
 

3.   Klaster.

Umumnya orang Indonesia akan mengetik cluster atau klaster yaitu perumahan di suatu lingkungan dengan konsep bangunan setipe . Namun, volume pencarian dengan kata cluster memiliki nilai tinggi sehingga menempatkan jenis properti ini di posisi ketiga. Search volume cluster adalah 11 ribu.
 

4.    Townhouse.

Townhouse menjadi jenis hunian yang mungkin terdengar baru. Hunian ini pada dasarnya sudah eksis sejak lama dan telah banyak developer perumahan yang membangun jenis hunian ini. Di dalam townhouse hanya ada beberapa rumah saja sehingga lingkungannya lebih eksklusif. Search volume townhouse adalah 5.400.
 

5.    Rumah Susun. 

Rumah susun ternyata mempunyai volume pencarian yang tinggi, sehingga bisa menempati di posisi kelima. Hunian vertikal yang menyasar kelompok masyarakat menengah ke bawah ini memiliki search volume sebanyak 5.400.
 

6.    Transit-Oriented Development. 

Transit Oriented Development (TOD) adalah jenis hunian baru yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat urban. TOD adalah tipe properti yang terintegrasi langsung dengan transportasi umum seperti MRT, LRT, atau halte bus Trans. Hunian jenis ini umumnya berbentuk apartemen yang memiliki search volume 700.
 

7.    Rukan. 

Rukan atau rumah kantor memiliki volume pencarian sebanyak 600. Rukan mungkin terbilang jenis properti yang sedikit dicari mengingat jenis hunian ini bersifat segmented. 
 

8.    Rumah Kopel. 

Rumah kopel didefinisikan sebagai dua bangunan rumah yang berhimpitan. Namun pada dasarnya, ini merupakan dua rumah berbeda yang digabung menjadi satu. Kopel atau dalam bahasa Inggris berarti couple, mengartikan rumah tersebut seperti berpasangan karena berdempetan. Namun, volume pencarian rumah jenis ini terbilang kecil yaitu 500.
 

9.    Rumah Tunggal. 

Kata kunci rumah tunggal pun menjadi salah satu yang rendah dilihat dari volume pencariannya. Artinya, mungkin jarang sekali orang mencari rumah tunggal di internet. Search volume rumah tunggal hanya 150.
 

10. Kondotel.

Kondotel juga menjadi salah satu properti yang volume pencariannya rendah dan hanya memiliki nilai search volume 40.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Hasil Riset Keandalan Jaringan Seluler 4G dan 5G di Indonesia

BERIKUTNYA

Bunda, Yuk Kenali Jenis-Jenis Alergi & Efeknya pada Tumbuh Kembang Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: