Konser BTS PERMISSION TO DANCE ON STAGE - LA di Stadium SoFi, California, AS-Dok, BTS/Twitter

Daebak! BTS Raup Rp 480 Miliar Lebih dari Konser Permission to Dance on Stage

05 December 2021   |   13:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

BTS kembali mencetak rekor usai menggelar konsernya di Stadium SoFi, California. AS. Menurut catatan Billboard, konser bertajuk BTS PERMISSION TO DANCE ON STAGE - LA itu menghasilkan pendapatan sebesar US$ 33,3 juta atau sekitar Rp480,3 miliar dari 214.000 tiket yang terjual.

Konser empat hari itu dibagi menjadi dua sesi yang mulai digelar tanggal  27-28 November 2021 dan sesi kedua pada 1-2 Desember 2021.

Melansir dari situs Billboard, Minggu (5/12/2021), pencapaian fantastis itu bukan hanya menjadi pendapatan tertinggi Stadium SoFi sejak dibuka kembali awal tahun ini, tetapi juga menjadi pendapatan acara tertinggi dalam hampir satu dekade, yaitu sejak sembilan pertunjukan musisi Roger Waters pada tahun 2012 di Buenos Aires, Argentina.

“Kami sangat senang bahwa konser bersejarah pertama BTS di AS sejak 2019 diadakan di SoFi Stadium. BTS menjual empat konser untuk pertama kalinya dalam sejarah Stadion SoFi. Konser ini mencapai penjualan tiket tertinggi di antara konser yang diadakan oleh satu band atau artis di SoFi Stadium,” kata Wakil Presiden Senior Pemrograman SoFi Stadium, Christy Castillo Butcher.
 

BTS (Dok. BTS/Twitter)

BTS (Dok. BTS/Twitter)

(Baca juga: Sukses Gelar Konser di AS, BTS Bertemu dengan Anderson .Paak)

Tak hanya itu, pendapatan konser BTS ini juga menjadi Boxscore terbesar yang digelar di AS dalam 18 tahun terakhir, termasuk menjadi yang terbesar kedua dalam 30 tahun lebih sejarah Billboard Boxscore di Amerika Utara.

Boxscore merupakan laporan dari semua pertunjukan yang diadakan di suatu tempat selama tur tertentu atau selama bagian tur. Jumlahnya didasarkan pada angka yang dilaporkan ke Billboard Boxscore dan tidak termasuk festival.

Capaian konser BTS ini berada di belakang pendapatan konser maraton Bruce Springsteen di Stadion Giants di East Rutherford dengan pendapatan sebesar US$ 38,7 atau sekitar Rp 558,2 miliar.

Meskipun begitu, beberapa konser sebelumnya dengan pendapatan lebih besar dari konser BTS diraih dua kali lebih lama dari konser BTS yang hanya berlangsung selama empat hari. Oleh karena itu,  secara keseluruhan, konser BTS berhasil menjadi konser terlaris keenam dalam sejarah Billboard Boxscore.

Selain itu, BTS juga membuat sejarah dengan menjadi artis non-bahasa Inggris pertama yang menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 20 juta atau sekitar Rp 288,4 dalam satu kali pertunjukan.

Sementara itu, baru-baru ini juga BTS dikabarkan batal hadir di acara penghargaan tahunan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2021. Hal itu disebabkan lantaran kebijakan karantina baru yang ditetapkan oleh pemerintah Korea Selatan.


Editor:Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Mau Jadi Manajer Artis? Buku Karya Sulung Landung ini Bisa Menjadi Referensi Lho

BERIKUTNYA

Ini 3 Novel Pilihan Karya Eka Kurniawan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: