Ilustrasi. (Dok. Tokopedia)

Tokopedia Lengkapi Fitur Voice Over Ramah Difabel

03 December 2021   |   21:34 WIB

Dalam rangka Hari Difabel Sedunia yang jatuh pada 3 Desember, Tokopedia meluncurkan fitur Voice Over yang bertujuan memudahkan pengguna difabel, khususnya tunanetra, dalam menggunakan aplikasi Tokopedia untuk berbelanja maupun menciptakan peluang.

Enginerring Manager Tokopedia Ferico Samuel, yang juga pengembang fitur tersebut, mengatakan peluncurkan fitur voice over diharapkan dapat menjadikan Tokopedia sebagai platform yang makin inklusif dan dapat mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan termasuk penyandang disabilitas.

“Fitur voice over terus dikembangkan sesuai masukan rekan-rekan difabel yang menggunakan Tokopedia agar selalu relevan dengan kebutuhan mereka," ujarnya dalam media briefing yang diadakan secara daring.

Bagi Maria Hardono, salah satu pengguna tunanetra, fitur voice over membantunya dalam proses belanja daring. Dia juga sudah terbiasa dengan fitur serupa yang tersedia pada ponsel pintarnya.

 

Virtual Media Briefing Tokopedia. (Dok. Tokopedia)

Virtual Media Briefing Tokopedia. (Dok. Tokopedia)


Ferico menambahkan, saat ini fitur voice over sudah bisa diakses melalui sistem iOS dan akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem smartphone, termasuk Android.

M. Reza Akbar, pengguna difabel Tokopedia mengatakan bahwa fitur ini diharapkan dapat menjadi peluang untuk mempermudah hidup teman-teman difabel guna berbelanja kebutuhan sehari-hari atau bahkan menjadi sumber mata pencaharian.

Suara pada fitur voice over Tokopedia ini akan membantu pengguna difabel untuk mengakses tiap proses belanja di dalam aplikasi mulai dari mencari kata kunci barang yang diinginkan, membacakan ulasan, melakukan pembayaran dan lain lain.

Tidak hanya itu, melalui Tokopedia Bersama, perusahaan ini juga akan fokus pada pemberdayaan kelompok difabel agar menjadi lebih mandiri secara sosial maupun ekonomi lewat berbagai program pelatihan dan pengembangan keterampilan hingga donasi.

Editor Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Ini Daftar Negara dengan Akses Internet 5G Tercepat

BERIKUTNYA

Ini 3 Keunggulan Teknologi Transmisi Otomatis CVT

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: