Ilustrasi menara telekomunikasi (dok: Unsplash/Jack Sloop)

Era 5G, Inilah Potensi Masa Depan yang Perlu Diketahui

02 December 2021   |   09:37 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Peluncuran jaringan 5G dan transformasi digital telah menjadi pembahasan utama dunia teknologi beberapa tahun terakhir ini. Genhype mungkin mengira bahwa jaringan 4G saat ini sudah menjadi jaringan andal yang memadai untuk mendukung kehidupan  sehari-hari. Namun, nyatanya ada sejumlah alasan mengapa kita memerlukan jaringan 5G.

Teknologi generasi kelima tersebut akan memberikan kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang sangat rendah, tetapi apakah hanya itu? Masih banyak nilai dan manfaat yang akan dibawa jaringan 5G kedepannya. Konsumen pun memiliki minat besar pada potensi jaringan 5G. Kebutuhan ini semakin dipercepat akibat pandemi Covid-19 saat ini. Berikut ini adalah alasan betapa pentingnya jaringan 5G Ericsson kamu mengenal lebih jauh tentang 5G.

1. Jaringan 5G bukan hanya tentang kecepatan, tetapi juga kapasitas
Jaringan 5G dirancang untuk memberikan lebih banyak kapasitas dalam jaringan, lebih banyak ruang untuk digunakan, yang berarti ada lebih banyak ruang bagi semua orang dan perangkat pun akan mendapatkan kecepatan data yang lebih tinggi.

Sederhananya, jaringan 5G memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung sekaligus. Generasi jaringan seluler sebelumnya seperti jaringan 3G dan 4G mengalami kesulitan dalam memberikan performa konsisten apabila terhubung pada terlalu banyak perangkat  di tempat yang bersamaan. Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami hal ini ketika mencoba menggunakan ponsel kita selama acara olahraga atau konser yang ramai.

2. 5G menawarkan hiburan next level
Pernahkah kalian membayangkan tidak perlu keluar rumah untuk menonton pertandingan sepak bola tetapi kamu bisa merasakan duduk di barisan pertama lapangan? Dengan teknologi 5G, itu mungkin!

Penggemar sepak bola akan dapat menikmati pengalaman baru menonton pertandingan sepak bola yang didukung dengan enhanced mobile broadband, dengan kecepatan jaringan yang sangat tinggi, latensi rendah, dan kapasitas data yang besar. Penggemar akan dapat menikmati interaktivitas real-time dan pengalaman streaming definisi tinggi.

3. Jaringan 5G memungkinkan kalian untuk mengontrol semuanya, dalam satu klik
Berkat teknologi IoT (Internet of Things), jaringan 5G menawarkan tingkat konektivitas yang berbeda. Kalian tidak perlu lagi khawatir lupa mematikan kompor saat hendak meninggalkan rumah, sibuk memikirkan kewajiban untuk membersihkan kamar saat kalian sangat sibuk dengan pekerjaan sepanjang hari, sepanjang minggu.

Dengan jaringan 5G, kamu dapat mengontrol dan terhubung dengan setiap perangkat yang mendukung konsep smart living, atau dengan kata lain jaringan 5G akan membuat hidup kamu jauh lebih efisien dan produktif.

4.Jaringan 5G membawa kamu selangkah lebih dekat dengan artis atau musisi favorit sepanjang masa
Berencana untuk pergi ke konser tetapi ragu karena pandemi dan semua protokol kesehatan yang perlu diterapkan? Di Korea Selatan, konser virtual telah berhasil disiarkan dalam format 4K menggunakan jaringan 5G. Jangan khawatir karena 5G memungkinkan kalian menikmati konser di mana saja, kapan saja.

Dengan kemampuan jaringan 5G yang menawarkan kecepatan sangat tinggi dan latensi sangat rendah, hal ini memungkinkan kamu merasakan euforia konser yang sesungguhnya dengan visual resolusi tinggi, serta memungkinkan kamu melihat idolamu dengan cara yang tidak seperti sebelumnya.

Di masa depan, teknologi musik yang terhubung dapat menyatukan musisi, produser musik, dan recording engineer dari seluruh penjuru dunia. Teknologi generasi kelima akan memungkinkan tonggak baru dalam penciptaan musik global, berpotensi mengubah cara lagu ditulis dan cara kita menikmati musik di masa depan.

5.Katakan tidak pada buffering dan video lagging
Ketika kalian hanya memiliki waktu istirahat makan siang selama 30 menit, dan kamu adalah tipe orang yang membutuhkan sesuatu untuk ditonton untuk menemani kamu saat makan, memilih sesuatu untuk ditonton telah menempatkan kita pada situasi yang sulit. Semua orang pasti pernah dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita menatap video kosong karena koneksi buruk saat makan. Hal itu pasti akan sangat mempengaruhi suasana hati kita setelahnya.

Dengan jaringan 5G, kamu tidak akan mengalami situasi seperti itu lagi, karena teknologi generasi kelima ini menawarkan kecepatan internet berkecepatan tinggi, hingga 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G.

Selain itu, pengguna dapat melakukan video streaming dan film berkualitas tinggi seperti 4K atau bahkan 8K dengan lancar tanpa lag dan visual buram. Semua kemajuan itu akan dapat memenuhi kebutuhan jaringan yang lebih cepat dan canggih di tahun-tahun mendatang.

6.Selamat datang extended reality (XR), yang mencakup teknologi VR, AR, dan MR
Kalian mungkin tidak akrab dengan istilah ini, tetapi jangan khawatir dan teruslah membaca! XR adalah istilah umum yang mencakup teknologi virtual reality, augmented reality, dan mixed reality Dengan menggunakan teknologi seperti 5G, AR, dan VR, kamu akan dapat menikmati pengalaman belanja online yang sepenuhnya imersif.

Teknologi XR pada era 5G diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan bagi konsumen, perusahaan, dan lembaga publik di berbagai sektor seperti hiburan, training, pendidikan, remote support, remote control, komunikasi, dan virtual meeting.

Selain itu, masih ada beberapa kesalahpahaman bahwa peluncuran 5G menjadi akhir dari era LTE. Sebenarnya memiliki 5G tidak berarti keberadaan 4G akan langsung menjadi usang.

Transisi ini berbeda dari pergeseran generasi seluler sebelumnya, yang berarti 4G bisa berguna lebih lama. Perpindahan dari jaringan  4G ke 5G berbeda dari peningkatan jaringan sebelumnya. 5G tidak menggantikan jaringan 4G, seperti bagaimana jaringan 4G menyalip 3G.

Akan ada transisi yang mulus dari 4G ke 5G, faktanya 4G akan ada bersama-sama dengan jaringan 5G hingga ekosistem, jaringan, dan aplikasi berevolusi ke generasi terbaru. Jaringan 5G akan digunakan dalam operasi multi-band termasuk di band 4G yang sudah ada.



Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

7 Tips untuk Membuat Teh Hijau Terbaik

BERIKUTNYA

Mulai Tayang Hari Ini, Simak 5 Fakta Menarik Film 'Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: