Ilustrasi teh hijau (Dok. Son Tung Tran/Pexels)

7 Tips untuk Membuat Teh Hijau Terbaik

02 December 2021   |   09:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tentu sudah sering mendengar informasi yang menyebutkan bahwa teh hijau (green tea) penuh dengan manfaat untuk kesehatan. Teh hijau mengandung antioksidan dan nutrisi yang dapat menurunkan risiko kanker, membantu menurunkan berat badan, dan membantu mencegah demensia.

Tetapi, bagaimana sebenarnya untuk mendapatkan hasil maksimal dari secangkir teh hijau yang kita minum? Dilansir dari Tree Hugger, Kamis (2/12/2021), berikut beberapa tips dan cara membuat teh hijau yang lebih baik.
 

1. Gunakan air dengan suhu yang tepat

Suhu air yang mendidih biasanya terlalu panas untuk membuat teh hijau. JIka suhu air terlalu panas, teh akan terasa pahit. Sebaliknya, jika suhu air terlalu dingin, rasa teh tidak akan keluar dengan sempurna. Suhu air untuk menyeduh teh hijau adalah antara 160 dan 180 derajat celcius. 
 

2. Waktu menyeduh

Lebih sedikit waktu menyeduh akan mencegah daun teh hijau melepaskan rasa sepenuhnya, tetapi lebih banyak waktu akan menghasilkan rasa pahit. Oleh karena itu, disarankan untuk menyeduh teh hijau selama 2-3 menit. Caranya, seduh teh selama 2 menit lalu cicipi setiap 30 detik setelahnya sampai kamu mendapatkan rasa yang diinginkan.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menemukan bahwa aktivitas antioksidan secara signifikan dipengaruhi oleh waktu dan suhu seduhan teh. 
 

3. Tambahkan madu atau pemanis lainnya

Secara alami, teh hijau bisa memiliki rasa yang agak ‘berumput’. Beberapa orang mungkin kecanduan dengan rasa tersebut, namun tak sedikit juga yang tidak nyaman dengan rasa semacam itu. Jika kamu termasuk orang dengan kategori yang kedua, tak ada salahnya untuk menambahkan sedikit madu sehingga rasa teh hijau menjadi lebih enak.
 

Tara Winstead

Ilustrasi teh hijau (Dok. Tara Winstead/Pexels)


4. Gunakan daun teh berkualitas

Daun teh yang lebih segar--daun teh yang lepas dan bukan dalam kantong--umumnya akan menghasilkan rasa yang lebih baik karena daun teh memiliki ruang untuk ‘bernapas’. Rasa yang dihasilkan akan lebih kaya dan otentik daripada teh hijau yang dikemas dalam kantong teh.
 

5. Gunakan jumlah yang tepat

Umumnya, rasio yang baik adalah 2 gram daun teh dengan 6 ons air. Tetapi kamu juga diperbolehkan untuk mengubah takarannya sesuai dengan selera. Lebih banyak daun teh hijau akan menghasilkan rasa yang lebih berbeda.
 

6. Tambahkan mint atau lemon

Min atau lemon dapat membantu memunculkan rasa teh hijau dengan lebih lembut. Kamu bisa mencobanya masing-masing secara terpisah atau mencampur keduanya sekaligus. Kamu hanya perlu sedikit mint atau lemon untuk menghasilkan rasa teh yang nikmat.
 

7. Pastikan menggunakan air yang berkualitas

Air dengan terlalu banyak mineral terkadang dapat ‘melawan’ mineral alami yang ditemukan dalam daun teh dan menghasilkan rasa yang tajam. Air murni atau mata air adalah yang terbaik untuk digunakan karena bebas dari polutan, dan tidak mengubah rasa pada teh hijau.



Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Catat Ini, Indikasi Kampas Rem Perlu Diganti

BERIKUTNYA

Era 5G, Inilah Potensi Masa Depan yang Perlu Diketahui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: