Ilustrasi celana jins. (Dok. Mica Asato dari Pexels)

Satu Tren Fesyen Ini Dibenci Kim Jong-un & Tiktoker Generasi Z, Apa Itu?

25 May 2021   |   13:31 WIB

Genhype, dua figur ini, Presiden Korea Utara Kim Jong-un dan Tiktoker generasi Z tentu memiliki perbedaan. Mengingat Presiden Kim Jong-un sudah berusia 57 tahun, sedangkan pemain aplikasi Tiktok kalangan generasi Z umumnya berusia belasan hingga awal 20-an tahun.

Tapi pernah enggak terpikir kalau keduanya punya satu kesamaan?

Ya, keduanya diketahui sama-sama membenci tren celana jins ketat atau yang biasa disebut skinny jeans. Tentu dengan alasannya masing-masing. Lho, kok bisa sih?

Berdasarkan laporan sejumlah media yang dihimpun South China Morning Post, Kim sudah melarang sejumlah tren fesyen kekinian yang muncul beberapa waktu belakangan ini.

Sebut saja ada celana jins ketat dan ada beberapa tren yang populer di kawasan Barat seperti rambut mullet.

"Kita harus khawatir dengan tanda-tanda sekecil apapun dari gaya hidup kapitalis dan melawan untuk memusnahkannya," kata Kim sebagaimana dikutip oleh koran lokal Korea Utara, Rodong Sinmun.

Enggak hanya dua tren itu lho, guys, ternyata Kim juga melarang tren yang sudah lebih dahulu muncul seperti celana jins robek, kaos dengan grafis slogan, dan tindik pada bibir.
 

Ilustrasi tindik pada wajah. (Dok. Vitor Gusmão Shimabukuro dari Pexels)

Ilustrasi tindik pada wajah. (Dok. Vitor Gusmão Shimabukuro dari Pexels)


Sebenarnya, ini bukan yang pertama kalinya dilakukan pemimpin Korea Utara tersebut dalam upaya mengurangi pengaruh dari budaya pop Barat dan tren fesyen bagi anak-anak muda di negara tersebut.

Jauh sebelum ini, Korea Utara juga pernah melarang masuknya grup-grup K-pop karena ketakutan pemerintah terhadap dampak musik Hallyu bagi masyarakat.

Sebenarnya, selain Kim, ada satu kalangan lagi yang membenci tren celana jins ketat yang sudah meroket sejak dua dekade terakhir: pemain Tiktok kalangan generasi Z.

Ini terbukti lho dengan beberapa video pendek yang menunjukkan sebagian masyarakat generasi Z yang menyebut celana jins ketat sebagai tren fesyen milenial yang sudah ketinggalan zaman.

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

ENHYPEN Debut di Top 20 Tangga Lagu Billboard 200 Pekan Ini

BERIKUTNYA

Vaksin AstraZeneca Diyakini Efektif Cegah Virus Corona Asal India

Komentar

Erick TroyudaN

Erick TroyudaN

05 Oct 2021 - 15:34

????????????????????????????????????????????????


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: