Ilustrasi sunroof pada kendaraan (dok: Unsplash/Alex Jumper)

Yuk Simak Perbedaan Moonroof dan Sunroof, Jangan Sampai Keliru

24 November 2021   |   19:41 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Para pengguna mobil, khususnya yang juga menggemari otomotif, tentu saja sudah tidak asing dengan istilah sunroof dan moonroof. Keduanya adalah fitur yang berbeda. Akan tetapi masih ada saja yang belum bisa membedakannya atau malah menganggapnya sama.

Mengutip Toyota Auto 2000, perbedaan sunroof dan moonroof ternyata cukup signifikan dari segi fungsi. Ada beberapa perbedaan jenis kaca atap yang perlu dikenali sebelum membeli mobil jenis MPV atau SUV. Simak penjelasannya berikut ini!


1. Sunroof

Secara umum, fungsi sunroof dan moonroof adalah sama, yaitu memberikan jangkauan pandang secara lebih luas dari arah atap mobil. Fitur ini cocok untuk pengendara mobil yang sangat senang mengamati cerahnya langit pada siang hari dan indahnya bintang pada malam hari.

Menikmati pemandangan menjadi lebih mudah karena mudah untuk dibuka-tutup. Dengan sunroof, Anda tidak perlu lagi turun dari mobil hanya untuk melihat pemandangan di atas. 

Sunroof adalah model jendela atau kaca pertama yang ditempatkan di atas atap mobil dengan kemampuan membentuk sudut tertentu saat dibuka.

Umumnya, bagian belakang sunroof akan terangkat naik ketika fitur ini diaktifkan. Saat sudah membuka, kabin akan menerima aliran udara langsung dari luar serta sinar matahari. Sunroof sangat cocok dipakai saat Anda berkendara di daerah pegunungan dengan cuaca cerah.

(Baca juga: Tidak Boleh Kurang atau Lebih, Ini Pentingnya Mengecek Tekanan Angin Ban Mobil)


2. Moonroof 

Moonroof sebenarnya adalah bagian dari salah satu jenis sunroof. Bila sunroof adalah generasi pertama teknologi kaca bukaan yang diletakkan di atap mobil, maka moonroof adalah versi upgrade dari sunroof. 

Fungsinya pun sama, untuk memberikan pengalaman berkendara dengan pemandangan di atas atap. Secara dimensi, ukuran moonroof serupa dengan sunroof, sama-sama cenderung hanya bisa mengakomodasi penumpang baris paling depan atau area pengemudi. 

Meskipun begitu, jika sunroof maupun moonroof dibuka lebar, kalian bisa melihat pemandangan yang lebih luas, bahkan bisa mengeluarkan tubuh dari bukaan di atas atap mobil. 

Dari cara kerjanya, sunroof akan terangkat ke atas bagian belakangnya ketika dibuka, sementara moonroof memiliki semacam rel yang berfungsi untuk menggerakkan atap kaca.

Kaca moonroof akan bergeser masuk ke dalam plafon saat kalian mengaktifkan fitur ini. Mengingat kacanya yang bisa masuk ke bagian plafon atau atap mobil, moonroof memberikan pemandangan luar yang lega dan luas.

Perbedaan sunroof dan moonroof juga terletak pada material pembuatnya. Pada sunroof, karena ini adalah teknologi kaca di atap mobil yang pertama ditemukan, maka bahan pembuatnya disamakan dengan material yang dipakai untuk bodi mobil.

Sedangkan, pada moonroof yang jadi generasi kedua atau bagian dari sunroof, bahan pembuatnya adalah material kaca. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Toko Kopi Maru, Kedai Kopi 'Hidden Gem' di Pasar Baru

BERIKUTNYA

Jay-Z Jadi Musisi Peraih Nominasi Grammy Terbanyak Sepanjang Sejarah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: