Android (dok. unsplash/Guido Coppa)

Ternyata Versi Android Ini Paling Banyak Digunakan

24 November 2021   |   08:46 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Android yang dikembangkan oleh Google menjadi salah satu sistem operasi ponsel pintar dan perangkat seluler paling populer saat ini. Perusahaan juga telah meluncurkan banyak versi, dengan yang paling terbaru adalah Android 12 yang dirilis belum lama ini.

Dalam ajang tahunan Google I/O yang digelar tahun ini, perusahaan mengungkapkan bahwa ada lebih dari 3 miliar perangkat di dunia yang saat ini berjalan dengan sistem operasi Android miliknya itu. 

Adapun, dilansir dari 9to5Google, Rabu (24/11) laporan distribusi terbaru menyatakan bahwa saat ini versi Android yang paling banyak digunakan oleh pengguna adalah Android 10 yang dirilis pada September 2019, dengan persentase sekitar 26,5 persen.

Posisi kedua ditempati oleh versi yang lebih baru yakni Android 11 dengan persentase kue pasar sekitar 24,2 persen. Android yang dirilis pada September 2020 ini ternyata belum berhasil melampaui sistem yang telah pada periode sebelumnya.

Secara berurutan, berikut ini adalah persentase jumlah pengguna sistem operasi Android berdasarkan laporan distribusi terbaru :

- Android 11 : 24,2 persen
- Android 10 : 26,5 persen
- Android 9 Pie : 18,2 persen
- Android 8 Oreo : 13,7 persen
- Android 7/7.1 Nougat : 6,3 persen
- Android 6 Marshmallow : 5,1 persen
- Android 5 Lollipop : 3,9 persen
- Android 4,4 KitKat : 1,4 persen
- Android 4 Jelly Bean : 0,6 persen

Sebagai catatan, beberapa tahun lalu Google secara berkala melaporkan jumlah pengguna sistem operasinya itu, tetapi upaya tersebut dihentikan pada Oktober 2018. Selanjutnya dalam ajang Google I/O 2019, perusahaan kembali merilis angka distribusi sistem operasi Android tapi tidak berkala.

Sebelum data terbaru tahun 2021 ini keluar, Google terakhir kali mengeluarkan statistik baru pada April 2020. Adapun, laporan 9to5Google menyatakan bahwa statistik anyar ini akan menjadi laporan terakhir dari perusahaan untuk tahun ini dan belum ada informasi tentang periode berikutnya.

Adapun, sistem operasi saingannya yakni Apple hingga saat ini masih mencantumkan data distribusi perangkat dan sistem yang digunakan pada produk seluler mereka - iPhone dan iPad - di situs web pengembangnya.

Data terbaru yang merujuk pada periode Juni 2021, menunjukkan bahwa 85 persen dari semua perangkat iPhone yang aktif saat ini menjalankan sistem operasi iOS 14, diikuti dengan 8 persen yang memakai iOS 13, dan sisanya memakai varian yang lebih lama.

Sementara itu, produk tablet milik perusahaan yakni iPad mencatatkan 79 persen pengguna telah memakai sistem operasi iPadOS 14, dilanjutkan dengan 9 persen yang menjalankan iPadOS13, dan 12 persen sistem operasi yang lebih lawas.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ketidakjelasan Hubungan dalam Single Terbaru Aviwkilla

BERIKUTNYA

Jangan Mendengarkan Musik saat Bersepeda Motor, Ini Risikonya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: