BTS di American Music Awards 2021. (Dok. Twitter/BTS)

BTS Jadi Artis Asia Pertama yang Menang Kategori Artist of the Year di AMA 2021

22 November 2021   |   18:28 WIB

Setelah berkarier selama lebih dari delapan tahun, boy group BTS kini mendapatkan pencapaian baru melalui tiga penghargaan di American Music Awards 2021. Salah satu penghargaan tersebut adalah Artist of the Year yang merupakan penghargaan terbesar dalam acara tersebut.

Penghargaan Artist of the Year sendiri merupakan penghargaan pertama mereka dalam kategori ini setelah berpartisipasi dalam acara ini selama empat tahun sejak tahun 2018.

"Terima kasih AMAs, kami merasa sangat terhormat untuk berada di atas panggung ini dengan para artis yang luar biasa di sini. Kami merasa sangat terhormat. Terima kasih untuk itu," tutur RM saat menerima penghargaan ini pada Minggu (21/11) waktu setempat.

Dia bercerita bahwa sejak penampilan mereka empat tahun lalu di AMA dengan lagu DNA, mereka telah melalui banyak perjalanan karier yang menarik dan panjang. Tapi dia dan grupnya tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan Artist of the Year kecuali dengan bantuan para ARMY yang merupakan penggemarnya.

"Tujuh orang dari Korea Selatan, bersatu karena kecintaan terhadap musik. Kami bertemu dengan cinta dan dukungan dari semua ARMY di seluruh dunia. Seluruh hal ini adalah keajaiban, Serius, kami tidak menerimanya dengan cuma-cuma. Terima kasih banyak. Kami cinta kalian, kami ingin memberikan penghargaan ini kepada kalian semua. Terima kasih HYBE, terima kasih para staff dan semua orang," jelasnya.

(Baca juga: BTS & Megan Thee Stallion Raih 3 Penghargaan American Music Awards 2021)

Tidak hanya itu, Suga, Jungkook, dan V juga ikut berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung dan mencintai BTS sejak debut perdana di industri hiburan Amerika Serikat pada tahun 2017.

"Kami hanya ingin membuat orang lain bahagia dengan musik kami. Kami percaya penghargaan ini membuka awal baru dari kisah kami. Selama beberapa tahun terakhir, kami belajar bahwa setiap momen berharga," ujar Jungkook.

Tidak hanya Artist of the Year, BTS juga mendapatkan penghargaan di kategori Favorite Pop Duo or Group dan Favorite Pop Song melalui lagu Butter. Jika kemenangan di kategori Favorite Pop Duo or Group merupakan penghargaan ketiga yang mereka dapat, maka Favorite Pop Song merupakan yang pertama.

"Terima kasih ARMY, terima kasih AMAs, dan terima kasih kepada semua orang karena telah menyukai lagu kami, Butter," ujar Jimin.

Jungkook kemudian melanjutkan bahwa Butter merupakan lagu yang spesial bagi BTS dan berharap pendengar bisa merasakan kelembutannya seperti Butter.

"Yang kami lakukan saat ini adalah mengeluarkan energi positif meski situasinya sedang sulit. Penghargaan ini membuktikan bahwa lagu ini telah menyentuh hati banyak orang. Jangan pernah mengambil sesuatu begitu saja. Terima kasih banyak," tutupnya.

Dalam laporan The Korea Times, kritikus musik Lim Jin-mo berpendapat bahwa penghargaan ini memberikan makna bahwa BTS merupakan artis yang merepresentasikan beberapa dekade seperti The Beatles di tahun 1960an, Elton John di tahun 1970an, Michael Jackson di tahun 1980an, serta Nirvana dan Mariah Carey di tahun 1990an.

"BTS tidak tiba-tiba terkenal hanya dengan satu lagu hits tapi dicintai oleh tangga lagu Billboard selama lebih dari dua atau tiga tahun dan ini membuktikan kekuatan besar di dalam komunitas penggemarnya," tambahnya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Kurang Tidur Bisa Picu Diabetes, Ini Sebabnya

BERIKUTNYA

Resmi Tak Diproduksi Lagi, Simak Perjalanan 3 Generasi Suzuki Karimun di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: