Perangkat earphone/earbuds (Unsplash/Daniel Romero)

Memahami Fitur ANC & Cara Kerjanya di Produk Penyuara Telinga

22 November 2021   |   14:15 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perangkat audio penyuara telinga seperti headset, headphone, earphone, earbuds, dan semacamnya, saat ini telah menjadi gawai tambahan yang penting. Perangkat ini diperlukan untuk menunjang aktivitas harian, mulai dari bermain, belajar, hingga bekerja (untuk meeting virtual).

Perangkat demikian saat ini tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Akan tetapi, sekarang salah satu fitur yang umum tersedia adalah active noice cancellation (ANC) yang juga sering menjadi nilai jual lebih oleh para vendor.

(Baca juga: Simak Dulu Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree, Jangan Tertukar!)


Apa itu ANC dan bagaimana cara kerjanya?


Secara sederhana, ANC merupakan kombinasi dari perangkat keras dan perangkat lunak yang bekerja untuk mengurangi atau meredam kebisingan luar ketika pengguna mendengar melalui produk penyuara telinga.

Ini berbeda dengan isolasi kebisingan biasa, yang umumnya menggunakan cup atau ujung silikon/karet pada produk untuk meredam suara dari luar. Metode ini merupakan cara yang lebih tradisional.

Sementara itu, ANC memanfaatkan mikrofon yang dapat mendengarkan suara seperti mobil lewat atau musik latar belakang. Mikrofon itu mengambil suara yang dianggap tidak menyenangkan.

Setelahnya, sistem ANC di perangkat merekam gelombang suara yang dihasilkan oleh suara luar ini, kemudian menghasilkan gelombang suara sendiri yang menciptakan interferensi, membatalkan dua gelombang, dan menghasilkan gelombang yang lebih datar.

Dengan begitu, fitur ANC membantu menghilangkah kebisingan dari dunia luar dan memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih baik, bebas dari kebisingan dan suara-suara tertentu.

Perlu diperhatikan bahwa ANC memiliki batasan untuk mengeliminasi suara luar. Kalian mungkin bisa mengurangi dan menghilangkan kebisingan dari AC dan mobil, tapi tidak bisa meredam suara klakson mobil yang spontan dan keras.

(Baca juga: Clubhouse Hadirkan Fitur Audio Spasial, Bikin Obrolan Lebih Hidup)
 

Bagaimana efektivitas penggunaan ANC?


Dalam kaitannya dengan ini, ada misinformasi bahwa ANC meningkatkan kualitas suara dari perangkat penyuara telinga yang dimiliki. Padahal tidak demikian, atau penjelasannya kurang tepat.

Salah satu kasus penggunaan ANC yang cukup lazim dan efektif adalah pemakaian perangkat dan fitur saat melakukan penerbangan. Dalam kondisi ini, ANC bisa mengurangi suara deru mesin dan menikmati konten dengan lebih nyaman.

Adapun, dalam kasus latar suara yang sangat bising seperti berada di tengah keramaian dan kalian perlu menerima panggilan, saran utamanya masih tetap menepi ke tempat yang sepi. Dengan begitu, ANC bisa dimanfaatkan untuk lebih mengurangi suara yang sedikit bising.

Perlu dicatat juga bahwa fitur ANC juga berkontribusi terhadap pengurangan baterai. Sebagaian besar perangkat kehilangan sekitar 1 jam dari keseluruhan pengisian daya dengan fitur ANC yang aktif.

Selain itu, isu yang kerap hadir terkait fitur atau teknologi ini adalah penurunan kesadaran. Pasalnya, fitur ANC yang aktif memungkinkan eliminasi suara klakson yang lebih rendah atau teguran orang lain.

Jadi secara keseluruhan, active noise cancellation memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Termasuk harganya yang lebih mahal ketimbang perangkat non-ANC, tentunya dengan keunggulan fitur yang dimiliki.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Ini 4 Keunggulan Bisnis Kuliner lewat Cloud Kitchen

BERIKUTNYA

Video Klip Lagu Someday Raisa & Sam Kim Tembus 1 Juta Views

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: