Ilustrasi (dok. Pexels)

Warna Kuku Berubah, Hati-hati Kanker!

14 November 2021   |   21:06 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kuku adalah bagian integral dari tubuh kita. Walaupun kecil, organ ini bisa menandakan penyakit loh. Misal kuku yang menguning atau menebal dapat menunjukkan infeksi jamur, atau kuku yang rapuh mungkin merupakan penanda penyakit tiroid atau anemia. Selain itu, retakan kecil pada kuku mengindikasikan psoriasis atau penyakit autoimun alopecia areata.

Sementara apabila ada garis putih di bawah kuku dapat berarti kamu menderita penyakit ginjal atau hati. Bahkan, perubahan warga kuku bisa menandakan penyakit mematikan seperti kanker.

Melansir Times of India, Minggu (14/11/2021), adalah melanoma subungual, sejenis kanker kulit yang dapat dideteksi melalui perubahan warna kuku. Penandanya berupa muncul bentuk garis gelap di bawah kuku, tepatnya di dekat kutikula, lapisan kulit yang berada tepat di pangkal kuku. 

Selain sebagai tanda kanker, perubahan warna kuku tersebut juga bisa merupakan hasil dari pengobatan kanker atau efek samping yang biasanya terjadi akibat obat kanker.

Selain pembentukan garis-garis hitam pada kuku jari tangan atau kaki, ada tanda-tanda melanoma subungual lainnya yang bisa muncul pada kuku, diantaranya kuku lemah dan rapuh, Memar di kuku yang sulit disembuhkan, pendarahan di sekitar kuku. Kemudian penipisan, retak pada lempeng kuku, serta garis-garis kehitaman sampai kecoklatan yang terus bertambah.

Mengingat melanoma mengancam jiwa, jika tidak diobati, bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, jika kamu menemui tanda seprti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik dan biopsi untuk membantu penegakan diagnosis.

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Tips Penting Menghindari Phishing

BERIKUTNYA

Koleksi 80 Jersey Manchester United, Bukti Pandji Pragiwaksono sebagai Fans Garis Keras

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: