Dok. Unsplash

Ini Pemicu dan Cara Menyembuhkan Wasir Tanpa Bedah

13 November 2021   |   11:31 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Wasir merupakan penyakit yang dapat menyerang segala usia, tetapi umumnya lebih sering dialami pada usia produktif. Secara pengertian, wasir atau hemoroid adalah pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum), serta dubur atau anus.

Wasir tidak selalu menimbulkan keluhan, tetapi bila keluhan muncul, penderita akan sangat merasa tidak nyaman dan sering mengalami rasa gatal pada anus. Selain itu, banyak kasus disertai munculnya perdarahan lewat anus.

Awal mula merasakan penyakit wasir ditandai dengan munculnya benjolan di area luar anus. Gejala lain yang menyertainya antara lain:
  • Rasa gatal atau sakit di sekitar anus.
  • Perdarahan dari anus setelah buang air besar.
  • Keluarnya lendir setelah BAB.

(Baca juga: Waspada, Penyakit Ini Mengintai Akibat Aromaterapi)

Lantas apa saja pemicunya?

Beberapa aktivitas pemicu munculnya wasir antara lain sembelit atau diare yang berlangsung lama, olahraga yang berlebihan, sering mengangkat beban berat, akibat melahirkan secara normal, dan kebiasaan duduk terlalu lama.

Nah, seiring dengan perkembangan industri kedokteran khususnya bedah di Indonesia sangat berkembang secara cepat. Salah satunya penanganan pasien wasir pun mengalami perkembangan yang signifikan.

Dokter spesialis bedah umum dari ST Wasir Center Tony Sukentro, Sp.B, mengatakan penanganan operasi pasien wasir saat ini tidak perlu lagi dikhawatirkan. Salah satu alternatif terkini adalah teknik Ultrasonic dan RF (Radio Frequency).

“Teknik ini mampu mengatasi wasir dengan teknik minimal invasif atau tanpa pisau bedah, kemampuan penyembuhan yang jauh lebih cepat tanpa rasa sakit akibat pengaruh operasi, luka yang minimal, dan tidak mempergunakan arus listrik karena mempergunakan getaran Ultrasonic” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa proses operasi dengan teknik Ultrasonic dan RF tidak memerlukan proses penjahitan, mengurangi aliran darah ke anus dan membantu hemoroid kempes dengan sendirinya. Proses ini bisa dilakukan untuk menangani semua derajat keparahan satu hingga empat


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Asyik Aeon Mall Tanjung Barat Segera Beroperasi, Terapkan Konsep Nirsentuh

BERIKUTNYA

Sebastian Gunawan Hadirkan Koleksi Couture Terbaru, Begini Kata Pengamat Fesyen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: