The

Komputer Pertama Apple Rakitan Steve Jobs & Steve Wozniak Dilelang

09 November 2021   |   17:19 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Melihat kecanggihan produk Apple hari ini, mungkin ada yang bertanya seperti apa komputer Apple yang pertama dibuat? Buat yang belum tahu, komputer pertama Apple adalah The Apple 1 yang dibuat langsung oleh para pendiri perusahaan, Steve Jobs dan Steve Wozniak, pada 45 tahun lalu. Kini, komputer tersebut diketahui akan dilelang di Amerika Serikat.

Dinamai Chaffey College, Apple 1 itu merupakan salah satu dari hanya 200 komputer asli yang dibuat oleh Jobs dan Wozniak pada awal perjalanan perusahaan, yang ketika itu bermula dari garasi hingga kini menjadi perusahaan bernilai triliunan dolar.

Dilansir The Verge, Selasa (9/11) hal yang membuat item ini semakin langka adalah kenyataan bahwa komputer itu dibungkus dengan kayu Kota—kayu asli Hawaii. Diketahui, hanya segelintir dari 200 komputer asli yang dibuat dengan cara ini.

Jobs dan Wozniak kebanyakan menjual The Apple 1 sebagai bagian komponen. Salah satu toko komputer yang menerima pengiriman sekitar 50 unit memutuskan untuk membungkus beberapa di antaranya dengan kayu.

(Baca juga: Co-founder Apple Tak Bisa Bedakan iPhone 13 dengan Pendahulunya)

Pakar Apple-1, Corey Cohen, mengatakan bahwa barang tersebut pada akhirnya menjadi semacam 'cawan suci' untuk elektronik antik dan kolektor teknologi komputer.

"Itu benar-benar membuatnya menarik bagi banyak orang," katanya kepada Los Angeles Times.

Rumah lelang John Moran Auctioneers mengatakan barang lelang yang dilengkapi dengan monitor video Panasonic 1986, hanya pernah menjadi milik dari dua pihak. Awalnya, komputer dibeli seorang profesor elektronik di Chaffey College, California dan dijual kepada muridnya pada 1977.

Los Angeles Times melaporkan siswa tersebut hanya membayar sekitar US$650 untuk mendapatkan komputer ketika itu. Adapun, lelang diperkirakan mencapai angka penjualan hingga US$600.000.


Editor: Avicenna 

SEBELUMNYA

Akhirnya, Vaksin Merah Putih Siap Diproduksi dan Diuji Klinis Tahun Ini

BERIKUTNYA

Reboot Serial Sex and the City Diumumkan, Sarah Jessica Parker Dapat Komentar Misoginis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: