5 Cara Praktis Biar Rantai Sepeda Motor Enggak Kendur
09 November 2021 |
08:43 WIB
Rantai adalah salah satu komponen penting dalam sepeda motor yang bekerja menyalurkan tenaga penggerak dari mesin motor ke roda sehingga motor bisa bergerak dan melaju di jalan raya. Dengan cara kerja rantai motor yang seperti ini tentu saja terkadang membuat rantai lambat akan kendur.
Cepat atau lambat, rantai sepeda motor akan menjadi kendur lantaran sering dipakai. Kalau rantai sudah kendur tentu tarikan sepeda motor jadi kurang enak dan bisa mengganggu, seperti suara berisik dan tenaga motor yang berkurang.
Oleh karena itu, tentu saja sebelum rantai motor menjadi kendur sebaiknya kita antisipasi dulu dengan memperbaiki sendiri. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengencangkan rantai motor yang kendur menurut Suzuki Indonesia.
Baca juga: 4 Tanda Gear dan Rantai Motor Harus Segera Diganti
Tetapi, sebelum kalian mulai mengetahui cara menyetel rantai motor, sebaiknya kalian harus mempersiapkan dulu kunci dan peralatan yang diperlukan. Untuk mengencangkan rantai motor kunci yang paling penting adalah kunci pas dan juga kunci ring.
Ukuran kunci yang dipakai anda sesuaikan saja dengan ukuran mur as roda dan juga ukuran mur adjuster dari rantai motor anda. Kebanyakan ukuran mur as roda adalah 17, sedangkan untuk ukuran mur adjuster adalah 12. Jadi anda siapkan saja kunci dengan ukuran 17 dan 12 tersebut.
Dibutuhkan dua buah kunci ring 17 karena mur as roda ini ada dua, jadi yang satu untuk menahan putaran kunci dan yang satu untuk mengendurkan mur. Berikut adalah cara agar rantai sepeda motor enggak kendur.
Cepat atau lambat, rantai sepeda motor akan menjadi kendur lantaran sering dipakai. Kalau rantai sudah kendur tentu tarikan sepeda motor jadi kurang enak dan bisa mengganggu, seperti suara berisik dan tenaga motor yang berkurang.
Oleh karena itu, tentu saja sebelum rantai motor menjadi kendur sebaiknya kita antisipasi dulu dengan memperbaiki sendiri. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengencangkan rantai motor yang kendur menurut Suzuki Indonesia.
Baca juga: 4 Tanda Gear dan Rantai Motor Harus Segera Diganti
Tetapi, sebelum kalian mulai mengetahui cara menyetel rantai motor, sebaiknya kalian harus mempersiapkan dulu kunci dan peralatan yang diperlukan. Untuk mengencangkan rantai motor kunci yang paling penting adalah kunci pas dan juga kunci ring.
Ukuran kunci yang dipakai anda sesuaikan saja dengan ukuran mur as roda dan juga ukuran mur adjuster dari rantai motor anda. Kebanyakan ukuran mur as roda adalah 17, sedangkan untuk ukuran mur adjuster adalah 12. Jadi anda siapkan saja kunci dengan ukuran 17 dan 12 tersebut.
Dibutuhkan dua buah kunci ring 17 karena mur as roda ini ada dua, jadi yang satu untuk menahan putaran kunci dan yang satu untuk mengendurkan mur. Berikut adalah cara agar rantai sepeda motor enggak kendur.
1. Standarkan sepeda motor dengan standar tengah
Langkah pertama untuk mengencangkan rantai motor tentu saja adalah standarkan motor dengan standar tengah. Jangan gunakan standar samping karena motor tidak akan bisa terangkat dengan sempurna. Gunakanlah standar tengah agar motor dapat terangkat sehingga proses penyetelan rantai bisa berlangsung mudah.
2. Kendurkan mur as roda
Cara mengencangkan rantai motor diawali dengan menggunakan kunci ring untuk kedua mur as roda pada bagian kiri dan kanan. Kalian putar salah satu bagian tersebut dengan kunci, gunakan kunci sisi lainnya untuk menahan perputaran. Memang biasanya saat baru mengendurkan ini akan berat dan keras.
Untuk itu anda bisa mengentakkan kunci tersebut atau juga bisa dibantu dengan memukul kunci agar bisa terputar. Setelah kunci terputar pertama tentu saja untuk proses selanjutnya akan semakin mudah. Jangan terlalu mengendurkan mur roda karena bisa-bisa roda menjadi lepas. Ingat, kita disini hanya ingin membuat roda belakang menjadi mudah untuk dimaju dan mundurkan.
Untuk itu anda bisa mengentakkan kunci tersebut atau juga bisa dibantu dengan memukul kunci agar bisa terputar. Setelah kunci terputar pertama tentu saja untuk proses selanjutnya akan semakin mudah. Jangan terlalu mengendurkan mur roda karena bisa-bisa roda menjadi lepas. Ingat, kita disini hanya ingin membuat roda belakang menjadi mudah untuk dimaju dan mundurkan.
3. Kendurkan baut braket kaliper
Hal ini hanya berlaku bagi anda yang memiliki motor dengan rem belakang cakram. Jika motor anda tidak menggunakan cakram maka lewati saja langkah ini. Jika motor anda menggunakan rem cakram maka anda harus mengundurkan dulu batu briket dari kaliper rem belakang.
Baut braket ini biasanya berada di swing arm suspensi belakang di sisi kanan roda. Kalian bisa melepas baut ini dengan kunci ring, jika dirasa kesulitan anda bisa menggunakan kunci shock untuk mengendurkan baut braket kaliper ini.
Baut braket ini biasanya berada di swing arm suspensi belakang di sisi kanan roda. Kalian bisa melepas baut ini dengan kunci ring, jika dirasa kesulitan anda bisa menggunakan kunci shock untuk mengendurkan baut braket kaliper ini.
4. Putar mur adjuster rantai
Berikutnya setelah semua baut yang berhubungan dengan rantai diatas sudah berhasil dikendurkan, proses penyetelan rantai akan segera dimulai. Cara menyetel rantai motor ini anda lakukan dengan cara memutar dua mur adjuster yang ada di ujung swing arm roda motor.
Ini yang paling penting, karena terdapat dua buah mur pada bagian sisi kiri dan sisi kanan maka anda harus melakukan putaran dengan sama rata.
Artinya jika sisi kiri diputar dua kali maka sisi kanan adjuster juga harus diputar dengan dua putar. Jika perputaran ini berbeda maka bisa berakibat fatal yakni roda belakang menjadi tidak center.
Lebih baik jangan langsung memutar mur adjuster ini dengan banyak putaran. Mulailah dengan bertahap, putar searah dengan jarum jam guna mengencangkan rantai. Anda bisa mengetes kekencangan rantai dengan tangan kira-kira sudah kencang atau masih kendur.
Ini yang paling penting, karena terdapat dua buah mur pada bagian sisi kiri dan sisi kanan maka anda harus melakukan putaran dengan sama rata.
Artinya jika sisi kiri diputar dua kali maka sisi kanan adjuster juga harus diputar dengan dua putar. Jika perputaran ini berbeda maka bisa berakibat fatal yakni roda belakang menjadi tidak center.
Lebih baik jangan langsung memutar mur adjuster ini dengan banyak putaran. Mulailah dengan bertahap, putar searah dengan jarum jam guna mengencangkan rantai. Anda bisa mengetes kekencangan rantai dengan tangan kira-kira sudah kencang atau masih kendur.
5. Kencangkan lagi semua mur baut
Jika dirasa rantai sudah pas tidak kendur maka anda hanya tinggal melakukan pengencangan pada semua mur dan juga baut yang anda kendurkan tadi. Kalian kencangkan saja mur as roda dan juga baut pada bracket kaliper rem roda belakang.
Bagi kalian yang menggunakan motor bebek dengan rem belakang tromol maka anda harus melakukan penyetelan ulang dari rem tromol setelah mengencangkan rantai. Hal ini karena sesudah kita selesai menyetel rantai tentu saja posisi dari roda belakang akan menjadi semakin ke belakang sehingga rem tromol berakibat tertarik lebih ke dalam.
Editor: Fajar Sidik
Bagi kalian yang menggunakan motor bebek dengan rem belakang tromol maka anda harus melakukan penyetelan ulang dari rem tromol setelah mengencangkan rantai. Hal ini karena sesudah kita selesai menyetel rantai tentu saja posisi dari roda belakang akan menjadi semakin ke belakang sehingga rem tromol berakibat tertarik lebih ke dalam.
Editor: Fajar Sidik
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.