Ilustrasi jalan tol (dok: Unsplash/G-R Mottez)

Ingin Hindari Kantuk Saat Mengemudi? Simak Penjelasan Ini

04 November 2021   |   18:38 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Mengemudi mobil merupakan sebuah kegiatan yang cukup krusial. Meskipun mobil masa kini sudah memiliki teknologi dan fitur yang membuat pengemudi nyaman namun kita tidak boleh hilang fokus, apalagi sampai timbul rasa kantuk. 

Mengantuk saat mengemudi akibatnya jelas sangat fatal. Terakhir, sebuah Mitsubishi Pajero mengalami kecelakaan tunggal di ruas Tol Ngawi-Kertosono, Jawa Timur KM 672 arah Surabaya atau tak jauh dari pintu keluar Bandar Kedungmulyo, Jombang. Kecelakaan yang terjadi pada Kamis (4/11/2021) pukul 12.36 WIB itu menewaskan dua orang yang tak lain adalah pasangan selebritas Febri Ardiansyah dan Vannesa Angel.

Lantas bagaimana caranya supaya tidak ngantuk saat nyetir?

Pertanyaan tersebut hingga kini sangat umum terdengar. Memang kantuk merupakan sebuah gejala pada tubuh manusia yang bisa menyebabkan masalah serius jika terjadi pasa seorang pengemudi.

Menjawab pertanyaan tersebut pun sebenarnya sangat mudah. Ketika seorang pengemudi telah merasa ngantuk maka hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah segera menepi untuk mencari area peristirahatan dan tidur.

Lantas bagaimana supaya tidak ngantuk saat nyetir? Jawabannya adalah menyiapkan badan kalian dalam kondisi terbaik. Jadi, terutama ketika akan melakukan perjalanan jauh, pastikan kalian telah tidur dan istirahat yang cukup.

Dengan demikian kalian memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas mengemudi dengan sangat baik. Pastikan pula selain tidur dan istirahat, kalian telah mengisi perut dengan makanan bergizi.
 

Ilustrasi/io9.com

Ilustrasi/io9.com

Hindari makan terlalu kenyang sebelum mengemudi yang bisa memicu datangnya rasa kantuk. Sedikit minuman yang mengandung kafein bisa juga dikonsumsi dengan memerhatikan porsi dan takaran yang sesuai dengan karakter perut kalian.

Namun jika setelah beberapa jam mengemudi mata kalian kembali berat alias ngantuk, maka artinya waktunya untuk kembali istirahat. Sejumlah hal dan tip memang bisa kita lakukan supaya tidak ngantuk saat nyetir. Namun ingat, kantuk sendiri merupakan sebuah "alarm' bagi tubuh kita untuk istirahat.

Bahaya mengantuk saat mengemudi akan makin buruk saat kondisi malam hari. Sebab tidak semua ruas jalan memiliki penerangan yang bagus. Ketika melintasi jalanan yang penerangan buruk maka mata dengan kondisi berat akan lebih sulit memindai objek di depan.

Jika salah mengambil keputusan akibat minimnya penerangan ditambah buruknya sorot headlamp, maka sangat membahayakan. Jangan sampai hal tersebut menimpa pada Anda atau keluarga. 

Jadi, apa yang bisa kita lakukan supaya tidak ngantuk saat nyetir? Istirahat yang cukup. Saat sudah terlalu lama mengemudi dan sudah mulai mengantuk juga segera cari tempat istirahat.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Sambut Animo Belanja Akhir Tahun, ZALORA Buat Kampanye 11.11 SALE

BERIKUTNYA

Wah, 3 Artis dari HYBE Ini Akan Punya Webtoon Orisinal Sendiri Mulai 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: