Ilustrasi mobil bertransmisi manual (dok: Unsplash/The Blowup)

Berguna Buat Parkir, Berikut Tips Mundur dengan Mobil Manual

15 October 2021   |   11:18 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Mengemudikan mobil dengan transmisi manual memang terbilang gampang-gampang susah. Alasan utamanya adalah perlunya kopling untuk perpindahan gigi. Namun kali ini kita tidak akan membahas menggunakan kopling, melainkan belajar cara mundur dengan mobil manual.

Kemampuan memundurkan mobil selalu dipakai untuk berbagai situasi dan kondisi, khususnya ketika sedang parkir mobil. Baik untuk parkir mobil secara paralel atau sejajar, memundurkan mobil membutuhkan feeling yang tepat, dan berbagai faktor lainnya, seperti putaran setir, jarak antar kendaraan, penggunaan kaca spion, hingga pijakan pedal gas.

Mengutip Auto2000, setidaknya ada empat hal yang harus diperhatikan saat memundurkan mobil manual. Keempat cara ini berurutan sehingga perlu kalian lakukan dengan baik agar mampu memundurkan mobil manual dengan aman. 
 

1. Fokus ke pedal kopling

Langkah awal yang perlu kalian lakukan adalah fokus ke pedal kopling. Kalian harus menginjak pedal kopling sampai mentok dan ditahan terus. Langkah ini dilakukan untuk masuk ke proses ke selanjutnya, yaitu memindahkan gigi atau persneling. 
 

2. Pindahkan ke gigi mundur

Ingat, ketika kalian ingin memundurkan mobil, persneling harus ada di posisi netral. Setelah menginjak pedal kopling, dorong persneling ke arah kanan lalu ke bawah untuk menuju gigi mundur (R).
 

3. Lepaskan pedal kopling

Setelah kalian memindahkan persneling ke gigi mundur, sekarang lepaskan pijakan pedal kopling. Ketika melepaskan pedal kopling, kalian harus memerhatikan kondisi di belakang mobil melalui kaca spion kiri, kanan, dan tengah. Mengapa begitu? Karena Anda akan mulai memundurkan mobil secara perlahan.
 

4. Mulai memundurkan mobil

Sekarang kalian bisa menginjak pedal gas untuk perlahan-lahan memundurkan mobil. Terus perhatikan sekitar dan cek sudut belok pada setir.

Jangan sampai posisi mobil kalian yang sedang mundur terlalu dekat dengan mobil di belakang, kanan, atau kiri. Jika terlalu dekat, coba koreksi posisi dengan memulai proses mundur dari langkah pertama. 

Agar lebih lancar, kalian bisa latihan memundurkan mobil dengan posisi setir lurus hingga benar-benar mahir sambil melakukan pengaturan penggunaan kopling, rem, dan pedal gas. 
 
Coba putar setir ke kiri dan kanan ketika mundur. Lakukan cara ini secara perlahan agar tidak bablas langsung ke belakang dengan kecepatan tinggi. Jangan mengangkat pedal kopling dengan tiba-tiba agar bisa menghindari efek kejut mobil dalam kecepatan tinggi.
 
Agar kecepatan mundur dapat berkurang, tekan pedal kopling sambil menekan pedal rem secara perlahan. Dengan begitu, kecepatan mobil saat mundur lebih berkurang sehingga tetap dalam kondisi aman.
 
Agar mobil berhenti secara sempurna, injak pedal kopling sambil menekan pedal rem. Mobil Anda bisa bisa berhenti dengan baik.
 
Perlu diingat bahwa pedal kopling jangan sampai dilepas sebelum tuas persneling dipindahkan ke posisi netral agar mesin tidak mati tiba-tiba.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Intip Rahasia The Chairman, Restoran Hong Kong yang Masuk dalam World’s 50 Best Restaurants Awards 2021

BERIKUTNYA

D.O. EXO Tampil sebagai Astronot dalam Film The Moon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: