sumber gambar: Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Gelar Pameran Hasil Lokakarya Kurasi Kurator Muda

02 November 2021   |   18:49 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Galeri Nasional Indonesia menggelar Pameran Hasil Lokakarya Kurasi Kurator Muda 2021, yakni Circumstance pada 2-7 November 2021 di Rumah Tamera, Komunitas Gubuak Kopi, Jalan Lingkar Utara, Kampung Jawa, Solok, Sumatra Barat. 

Pameran Circumstance dibuka pada 2 November 2021, pukul 19.30 WIB di Rumah Tamera, Komunitas Gubuak Kopi, Jalan Lingkar Utara, Kampung Jawa, Solok, Sumatra Barat. 

Pameran ini dapat diakses publik setiap hari hingga 7 November 2021, dari pukul 11.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. 

Publik juga dapat mengikuti serangkaian program publik berupa Diskusi Publik “Ruang Kolaborasi” pada 3 November 2021, pukul 15.00-16.00 WIB, serta Artist Talks pada 4 dan 5 November 2021, pukul 20.00-21.00 WIB. Seluruh program publik berlangsung di Rumah Tamera, Solok Creative Hub.

Pameran Circumstance merupakan bagian dari rangkaian program Lokakarya Kuratorial Galeri Nasional Indonesia 2021: Kurasi Kurator Muda.

Kurasi Kurator Muda merupakan program lokakarya kuratorial pertama yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia. 

Dimulai dengan panggilan terbuka pada 9 Juni-24 Juli 2021, program ini berhasil menjaring 58 proposal rencana pameran yang diusulkan calon peserta dari 16 provinsi di Indonesia. 

Setelah melalui proses seleksi, 10 proposal dari 10 kurator muda dipilih untuk mengikuti program lokakarya secara daring pada 12, 13, dan 16 Agustus 2021.

Selama lokakarya, para peserta mendapatkan bimbingan dan pendampingan dari kurator Galeri Nasional Indonesia yaitu Asikin Hasan, Citra Smara Dewi, dan Bayu Genia Krishbie, yang berperan membantu peserta untuk mengembangkan potensi dan gagasan kuratorialnya.

Sejumlah narasumber undangan juga dihadirkan untuk pendalaman materi dan diskusi dengan tujuan memperluas pengetahuan peserta serta mengenalkan keragaman praktik kuratorial dewasa ini. 

Di akhir lokakarya, Galeri Nasional Indonesia menentukan dua peserta yang mendapatkan fasilitasi untuk merealisasikan rencana pamerannya. Dua peserta tersebut adalah Umi Lestari dari Tangerang, Banten dan Albert Rahman Putra dari Solok, Sumatra Barat yang mengkuratori pameran Circumstance ini.

SEBELUMNYA

Lagi Cari Rumah? Pameran Properti Ini Ada Banyak Pilihan Hunian yang Pas

BERIKUTNYA

Akhirnya, Kim Seon-ho Melanjutkan Kontrak Model Iklan Beberapa Merek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: