Ilustrasi rumah pintar (Unsplash/Sebastian Scholz Nuki)

Asyiknya Tinggal di Rumah Berdesain Smarthome

01 November 2021   |   16:52 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Saat ini, hunian dengan konsep rumah pintar (smarthome) sudah bukan lagi hal yang langka. Pemanfaatan berbagai peralatan dan perangkat elektronik di dalam rumah yang saling terhubung, sudah sangat dimungkinkan dan telah banyak digunakan masyarakat.

Misalnya saja, laporan dari Berg Insight yang mengungkapkan bahwa jumlah rumah pintar di kawasan Eropa dan Amerika Utara sudah mencapai 102,6 juta pada tahun lalu.

Secara singkat rumah pintar dapat didefinisikan sebagai tempat tinggal yang menggunakan perangkat terhubung ke internet untuk memungkinkan pemantauan jarak jauh serta pengelolaan peralatan dan sistem.

Ini termasuk peralatan seperti lampu penerangan atau sistem pendingin/penghangat ruangan yang terhubung ke perangkat seluler untuk memudahkan operasional serta berbagai perlengkapan rumah lainnya.

Pada era yang serba digital seperti sekarang, berbagai peralatan dan perlengkapan juga sudah dimungkinkan untuk dikontrol secara remote, sehingga gagasan soal rumah pintar yang serba canggih sudah sangat dekat.

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh masyarakat dengan memanfaatkan konsep rumah pintar.
 

1. Keamanan

Teknologi rumah pintar dapat meningkatkan keamanan rumah secara signifikan. Ini termasuk penggunaan alarm, kamera modern, sensor gerak, hingga kunci pintu pintar yang bisa dikelola sedemikian rupa dari gawai harian pengguna.
 

2. Kenyamanan

Pemanfaatan teknologi yang terintegrasi dan menyeluruh dapat menciptakan kenyamanan bagi penghuni rumah pintar. Ini termasuk misalnya melakukan otomasi beberapa fitur agar beroperasi dan mati waktu tertentu.
 

3. Ketenangan pikiran.

Konsep rumah pintar juga bisa membuat pikiran lebih tenang, mengingat berbagai peralatan, perlengkapan, dan sistem rumah bisa dikontrol melalui gawai dari jarak jauh. Jadi pengguna tidak perlu merasa khawatir jika lupa mematikan lampu atau yang lainnya.
 

4. Hunian ramah lingkungan

Selain keamanan dan kenyamanan, teknologi rumah pintar juga bisa mendorong hidup lebih ramah lingkungan dengan memungkinkan penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien. Misalnya menggunakan air dan listrik secara lebih rasional, di mana tak jarang perangkat pintar juga memiliki sensor on-off otomatis.

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

TWICE & 12 Artis K-pop Ini Siap Debut & Comeback Bulan Ini

BERIKUTNYA

6 Drama Korea Ini Tayang November di Viu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: